detikNews
Selasa 18 Juni 2019, 12:38 WIB

Pramono: Megawati Tetap Ketum, Ada Wacana Tunjuk Ketua Harian PDIP

Tsarina Maharani - detikNews
Pramono: Megawati Tetap Ketum, Ada Wacana Tunjuk Ketua Harian PDIP Pramono Anung (M Zhacky/detikcom)
Jakarta - Politikus senior PDI Perjuangan Pramono Anung mengatakan Megawati Soekarnoputri akan tetap menduduki posisi ketua umum periode berikutnya. Namun Pramono menyebut ada wacana menunjuk ketua harian atau wakil wakil ketua umum untuk melaksanakan tugas harian DPP PDIP.

"Memang ada wacana apakah nanti ada ketua harian maupun wakil ketua umum. Mekanisme ini diserahkan sepenuhnya ke dalam kongres," kata Pramono di gedung DPR, Senayan, Jakarta, Selasa (18/6/2019).


Menurutnya, para kader PDIP membutuhkan sosok Megawati untuk memimpin partai. Pramono mengatakan Megawati merupakan sosok pemersatu di partai berlambang banteng moncong putih itu.

"Memang Ibu Mega sebagai pemersatu dari partai yang mempunyai ideologi, sehingga memang dengan demikian kenapa sampai hari ini dan tentunya dalam kongres nanti kemungkinan besar Ibu Mega akan diminta bersedia untuk dipilih kembali menjadi ketua umum," ujarnya.

Pramono pun mengatakan pemilihan Megawati sebagai ketua umum kemungkinan besar akan terjadi melalui aklamasi. Dia meyakini para kader masih menginginkan Megawati memimpin PDIP.

"Oh iya dan pasti, kalau melihat potensi dan juga indikasi karena kita menang pemilu legislatif dengan angka yang signifikan dan menang pilpres, kemungkinan besar akan aklamasi," ucap Pramono.


Sementara itu, terkait calon ketua harian atau waketum, Pramono enggan banyak bicara. Ia menyebut calon tersebut akan diusulkan para kader PDIP.

"Ya kan nanti dalam proses ini kan diusulkan oleh daerah dan cabang-cabang," kata dia.

PDIP disebutkan akan menggelar rapat kerja nasional (rakernas) pada Rabu (19/6). Rakernas disebut akan membahas segala persiapan Kongres V PDIP, yang jadwalnya dipercepat.

Seperti diketahui, Kongres V PDIP sedianya dilaksanakan pada 2020. PDIP pun memastikan kongres dipercepat dengan dilaksanakan pada 8-10 Agustus di Bali.

Isu soal regenerasi di tubuh PDIP muncul karena beredarnya surat Rakernas IV PDIP yang diteken oleh putra Megawati, Prananda Prabowo, sebagai Ketua DPP. Surat bernomor 5214/IN/DPP/V/2019 tersebut juga ditandatangani Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto.

Surat yang ditandatangani putra Megawati yang akrab disapa Nanan itu kian menguatkan isu mengenai regenerasi pucuk pimpinan PDIP menyusul percepatan Kongres. Sebab, umumnya, surat undangan acara sekelas rakernas diteken oleh ketum dan sekjen.
(tsa/tor)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed