detikNews
Selasa 18 Juni 2019, 11:32 WIB

Tak Punya Duit, Pemkot Serang Hentikan Car Free Day

Bahtiar Rifa'i - detikNews
Tak Punya Duit, Pemkot Serang Hentikan Car Free Day Ilustrasi Car Free Day (Foto: Grandyos Zafna/detikcom)
Serang - Alasan karena tak ada biaya, Pemkot Serang menghentikan car free day yang diadakan setiap hari Minggu di sepanjang Jalan Veteran sampai ke alun-alun kota. Pemberhentian ini bahkan sudah terjadi sejak awal 2019.

Informasi pemberhentian ini diketahui dari surat yang dikeluarkan Dinas Lingkungan Hidup pada 14 Mei 2019 yang tersebar. Surat ditandatangani oleh Ipiyanto selaku Kepala Dinas.


Car free day yang dilakukan sejak 2017 ini dihentikan karena minimnya ketersediaan anggaran. Selain itu, ada kegiatan prioritas alokasi anggaran yang dilakukan Dinas Lingkungan Hidup.

Sekretaris Dinas Lingkungan Hidup Tendian membenarkan penghentian car free day karena alasan biaya. Katanya, untuk sekali kegiatan, mereka harus koordinasi dengan Satpol PP, Dinas Perhubungan dan kepolisian. Ada anggaran makan minum untuk setiap kegiatan yang selalu dibebankan ke Dinas Lingkungan Hidup.

"Pengertian tidak ada biaya itu, kalau ada kegiatan keluar ada anggaran uang mamin (makan-minum), tapi mereka tidak mau keluar. Karena selalu menitikberatkan ke LH. Sedangkan kami tidak menganggarkan. Karena bukan hanya tugas kami," kata Tendian kepada detikcom di Serang, Banten, Selasa (18/6/2019).


Oleh karena surat tersebut tersebar ke publik, pihaknya lalu berkoordinasi dengan Asda II untuk masalah ini. Sementara akan dilakukan pertemuan antar dinas agar car free day menjadi perhatian bersama dan pihak Asda sebagai penanggung jawab.

"Jadi kemungkinan ada tindak lanjut. Untuk sementara dihentikan sih tidak, sementara supaya tidak ada tumpang tindih dihentikan dulu, tapi nanti ada tindak lanjutnya," pungkasnya.
(bri/tor)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed