detikNews
Senin 17 Juni 2019, 19:33 WIB

Cak Imin: Koalisi Jokowi Sudah Gemuk, tapi demi Rekonsiliasi ya Monggo

Jefrie Nandy Satria - detikNews
Cak Imin: Koalisi Jokowi Sudah Gemuk, tapi demi Rekonsiliasi ya Monggo Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar alias Cak Imin (Akrom Hazami/detikcom)
Jakarta - Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar (Cak Imin) menilai koalisi pendukung Jokowi-Ma'ruf Amin sudah gemuk. Namun, demi kepentingan rekonsiliasi politik pascapilpres, PKB tak akan keberatan bila ada parpol anggota baru koalisi.

"Ya pada dasarnya koalisi pendukung 01 ini kan sudah gemuk ya, besar, sehingga di DPR tidak perlu ditambah lagi. Tapi, kalau dalam rangka rekonsiliasi nasional, ya...," kata Cak Imin seusai acara halalbihalal di kantor DPP PKB, Jl Raden Saleh No 9, Jakarta Pusat, Senin (17/6/2019).


Dia menjelaskan formasi parpol koalisi pro-Jokowi-Ma'ruf di DPR sudah cukup kuat. Kekuatan di parlemen dinilainya mampu menciptakan stabilitas politik. Bukan berarti koalisi yang gemuk dan stabil ini tak bisa ditambah parpol baru lagi, asalkan alasannya demi rekonsiliasi.

"Bukan kurang sepakat, tapi dari sisi jumlah di DPR sudah berlebih-lebih, sehingga stabilitas sudah cukup. Tapi kalau demi rekonsiliasi, ya monggo," kata Cak Imin.


Koalisi pendukung Jokowi-Ma'ruf terdiri atas PDIP, Partai NasDem, PKB, PPP, Golkar, PKPI, PBB, PSI, dan Perindo. Sedangkan koalisi pendukung Prabowo-Sandiaga Uno terdiri atas Gerindra, PKS, Partai Demokrat, PAN, dan Partai Berkarya.

Soal rekonsiliasi, wacana itu sudah didorong untuk direalisasi oleh para tokoh agama, tokoh masyarakat, dan kepala daerah demi mengakhiri suasana persaingan Pilpres 2019. Jokowi juga sempat mengutus Menko Kemaritiman Luhut Pandjaitan. Bahkan Wapres Jusuf Kalla (JK) sudah bertemu langsung dengan Prabowo. Kubu Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandi menyatakan proses rekonsiliasi akan elok dilakukan setelah proses sengketa hasil Pilpres 2019 di Mahkamah Konstitusi (MK).



Tonton video Muhammadiyah Dorong Jokowi-Prabowo Bertemu: Tak Ada Lagi 01-02:

[Gambas:Video 20detik]


(dnu/fjp)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed