detikNews
Senin 17 Juni 2019, 11:49 WIB

Digugat 10 Kasus Mangkrak, Jaksa Agung: Tak Semudah Balik Telapak Tangan

Zunita Putri - detikNews
Digugat 10 Kasus Mangkrak, Jaksa Agung: Tak Semudah Balik Telapak Tangan Jaksa Agung HM Prasetyo (Foto: Ari/detikcom)
Jakarta - Jaksa Agung digugat Masyarakat Anti-Korupsi Indonesia (MAKI) dengan 10 gugatan kasus mangkrak ke Pengadilan Jakarta Selatan (PN Jaksel). Jaksa Agung, HM Prasetyo, mengaku pihaknya terus bekerja. Dia mengingatkan kepada MAKI bahwa menangani kasus tidak semudah membalik tangan.

"He-he... menangani kasus, tidak seperti halnya semudah membalikkan telapak tangan. Setiap perkara itu ada spesifikasinya, ada faktor kesulitannya, ada kendalanya, kalau mudah diselesaikan akan cepat diselesaikan," ujar Prasetyo di Badiklat Kejaksaan, Jalan RM Harsono, Ragunan, Jakarta Selatan, Senin (17/6/2019).


Prasetyo mengatakan banyak pihaknya yang mengusut kasus dengan cepat. Dia menyebut kasus korupsi itu sangat sulit diusut. Apalagi, kata Prasetyo, orang yang ditetapkan tersangka kasus korupsi memiliki jabatan, sehingga kejaksaan harus berhati-hati menangani kasus korupsi.

"Kalian tahu, ini yang digugat kan kasus korupsi, korupsi pelakunya siapa? mereka orang yang punya intelek tinggi, punya jaringan, punya kekuasaan, punya kewenangan, bahkan juga punya uang ya kan? Bisa melakukan apa saja, inilah kita harus hati-hati," kata Prasetyo.

"Menangani kasus, nggak semudah membalik telapak tangan. Kita dengan curi ayam, curi kambing, sapi, atau pembunuhan sangat mudah dibuktikan. Tapi korupsi berbeda, dia bisa menyembunyikan, atau menghilangkan bukti-buktinya. Dia bisa mempengaruhi saksinya, karena punya kekuasaan, kewenangan, dia bisa menekan atau mengancam saksi yang berikan keterangan," lanjutnya.

Selain itu, Prasetyo juga mengatakan MAKI menggugat 10 kasus mangkrak itu hanya karena ingin mendapat rekor Muri. Dia juga mengaku heran.

"Dan satu lagi, itu kan ada 10 (kasus yang digugat), saya dengar motivasi dari si itu (MAKI), mengajukan Prapid, karena mau dapat rekor Muri, masa ajukan Prapid cuma dapat rekor Muri?" tuturnya.


Seperti diketahui, MAKI menggugat pra peradilan terkait 10 kasus korupsi mangkrak yang ditangani Kejaksaan Agung. Berikut ini 10 daftar gugatan Praperadilan MAKI lawan Jaksa Agung:

1. Cesie Bank Bali, mangkrak sejak 2005.
2. Kredit Macet Bank Mandiri di PT Lativ, mangkrak sejak 2007.
3. Indosat IM2 mangkrak sejak 2013.
4. Kondensat, mangkrak sejak 2018.
5. Hibah Sumsel penyidikan sudah berlangsung 2 tahun namun belum ditetapkan tersangkanya.

6. Hibah Pemkot Manado terkait Wali Kotanya, penyidikan sejak September 2018.
7. Kasus Pertamina di kasus pembelian Blok Minyak Manta Gumy Australia.
8. Kasus korupsi Dana Pensiun Pupuk Kaltim.
9. Kasus Dana Pensiunan Pertamina.
10. Kasus Victoria Sekuritas.
(zap/asp)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed