detikNews
Senin 17 Juni 2019, 07:56 WIB

Polda Metro Jaya Panggil Sofyan Jacob Terkait Kasus Makar Hari Ini

Samsudhuha Wildansyah - detikNews
Polda Metro Jaya Panggil Sofyan Jacob Terkait Kasus Makar Hari Ini Foto: Ari Saputra
Jakarta - Penyidik Polda Metro Jaya kembali memanggil mantan Kapolda Metro Jaya Komjen (Purn) Sofyan Jacob. Sofyan akan dimintai keterangan terkait kasus dugaan makar.

Sofyan sebelumnya dijadwalkan akan diperiksa pada Senin 10 Juni 2019. Namun, dengan alasan kondisi kesehatannya maka dijadwalkan lagi pada Senin 17 Juni 2019. Agenda pemeriksaan itu akan berlangsung di gedung Direktorat Reserse Kriminal Umum Polda Metro Jaya sekira pukul 10.00 WIB.


"Ya benar, agendanya seperti itu (hari ini pemeriksaan Sofyan Jacob dan Ustaz Lancip)," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Argo Yuwono, kepada detikcom, Senin (17/6/2019).

Sofyan belum memberikan konfirmasi atas kehadirannya. "InsyaAllah hadir. Kita tunggu saja kedatangan yang bersangkutan," ujar


Sofyan resmi ditetapkan sebagai tersangka kasus dugaan makar beberapa waktu lalu. Kasus itu disebut Argo adalah kasus limpahan dari Bareskrim Polri ke Polda Metro Jaya.

Ustaz Lancip

Selain Sofyan, polisi akan memeriksa Ustaz Lancip terkait dugaan kasus ujaran kebencian di gedung Direktorat Reserse Kriminal Khusus Polda Metro Jaya.

Saat itu, Ustaz Lancip memmberikan ceramahnya di Depok pada 7 Juni 2019 dan ceramah itupun direkam video dan tersebar viral di media sosial.
Dalam ceramahnya, Ustaz Lancip menyinggung korban tewas dalam kerusuhan pada 22 Mei 2019 di Jakarta. Ia menyebut hampir 60 orang dan 100 orang lebih hilang dalam kerusuhan itu.

Atas dasar itulah seorang masyarakat melaporkan Ustaz Lancip ke polisi dan polisi akan memanggil Ustaz Lancip hari ini untuk kembali diperiksa.


Jejak M. Sofjan Jacoeb Hingga Berstatus Tersangka Kasus Makar:

[Gambas:Video 20detik]


(aan/knv)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed