detikNews
Minggu 16 Juni 2019, 11:18 WIB

Polisi: Pengemudi Koboi Andy Wibowo Sudah Miliki Senpi Selama 5 Tahun

Samsudhuha Wildansyah - detikNews
Polisi: Pengemudi Koboi Andy Wibowo Sudah Miliki Senpi Selama 5 Tahun Harry Kurniawan (Foto: Lisye Sri Rahayu/detikcom)
Jakarta - Polisi masih terus menyelidiki kasus aksi koboi Andy Wibowo (53) yang menodongkan pistol ke pengemudi lainnya di Jalan Alydrus, Jakarta Pusat. Kepada polisi, Andy yang kini sudah ditetapkan sebagai tersangka mengaku sudah 5 tahun memiliki senjata api.

"(Asal-usul senjata api) diselidiki. Kan menurut pengakuannya dia (memiliki senjata) resmi sudah 5 tahun, ada suratnya juga," kata Kapolres Metro Jakarta Pusat, Kombes Harry Kurniawan saat dikonfirmasi, Minggu (16/6/2019).


Kepada polisi, Andy menyebut memiliki surat izin kepemilikan senjata api tersebut. Namun hingga kini polisi masih menyelidiki keaslian surat izin itu.

"Ya, surat-suratnya kalau menurut dia asli. Nanti kita pastikan keaslianya. (Surat izin) sudah kita kirim ke polda," ujar Harry.

Selama memiliki senjata api, menurut penuturan Andy, Harry mengatakan senjata api itu digunakan untuk menjaga diri. Andy mengaku tidak pernah melakukan tindakan kriminal.

"Pengakuan dia kalau ditanya ya pasti untuk bela diri, untuk pegangan-pegangan saja kalau ditanyai. Kan dia nggak mungkin ngaku selama 5 tahun dia pakai senjata untuk tembak-tembakin orang, kan nggak mungkin," sebutnya.


Senjata api milik Andy berjenis Walther kaliber 32 beserta surat izinnya disebut Harry sudah dikirim ke Polda Metro Jaya untuk diteliti lebih lanjut. Belum diketahui keaslian surat izin kepemilikan senpi itu.

Diberitakan, Andy ditangkap setelah video aksi koboinya viral di media sosial. Dalam rekaman video, Andy menodongkan pistol saat mengemudikan mobil BMW bernopol B-1764-PAF di Jalan Alaydrus, Jakarta Pusat.


Andy mengaku emosi karena mobil Panther melintas di jalan yang menurutnya berlaku satu arah. Padahal di lokasi tersebut berlaku dua arah.

Atas kejadian itu korban bernama Oman Rochman melapor ke polisi. Berdasarkan pelat mobil BMW B-1764-PAF, polisi berhasil menangkap Andy di Pecenongan, Jakpus.


Ini Pemobil Koboi yang Acungkan Pistol, Ngaku Salah & Minta Maaf:

[Gambas:Video 20detik]


(sam/tsa)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed