detikNews
Sabtu 15 Juni 2019, 21:41 WIB

Dieksploitasi Mengemis, Bocah di Makassar Dipulangkan ke Timika

Ibnu Munsir - detikNews
Dieksploitasi Mengemis, Bocah di Makassar Dipulangkan ke Timika Foto: Ilustrasi (iStock)
Makassar - Bocah perempuan di Makassar berinisial AP jadi korban eksploitasi dengan disuruh mengemis. AP diketahui disuruh mengemis oleh tantenya sendiri.

"Setelah berhasil mengamankan beberapa anak jalanan dan pengemis, dari hasil assesmen Sakti Peksos, terdapat salah satu orang anak yang berinisial AP ternyata korban eksploitasi anak oleh tantenya sendiri yang berinisial SI," kata Kadis Sosial Kota Makassar, Ahmad Namsum, dikonfirmasi, Sabtu (15/6/2019).


AP kemudian diberangkatkan ke Timika oleh Dinas Sosial Kota Makassar agar kembali dapat bertemu orang tuanya. Hal ini dilakukan agar korban tak lagi jadi pengemis dan mendapat pengawasan dari orang tuanya.

AP diterbangkan pada Sabtu (15/6) pukul 00.35 Wita melalui Bandara Sultan Hasanuddin. AP sendiri memiliki orang tua yang memilih merantau ke Timika dan mempercayakan keluarganya untuk menjaga AP.


"Diketahui bahwa AP memiliki orang tua yang sedang merantau di Timika. Melalui via telepon, orang tua AP meminta Dinas Sosial Kota Makassar tetap mengamankan anaknya dan berharap AP dapat difasilitasi ke Timika. Tepatnya Sabtu dini hari pukul 00.35, tim patroli Trc Saribattang mengantar anak Inisial AP di Bandara Sultan Hasanuddin atas permintaan orang tua untuk bisa dipulangkan ke Timika," jelasnya.

"Alhamdulillah pihak Dinas Sosial Kota Makassar telah menerima kabar dari orang tua bahwa anaknya telah tiba di Timika," lanjutnya.
(gbr/gbr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com