detikNews
Sabtu 15 Juni 2019, 20:13 WIB

Sultan HB X ke Caleg Wanita yang Lolos Pileg: Jangan Saling Menjatuhkan

Zunita Putri - detikNews
Sultan HB X ke Caleg Wanita yang Lolos Pileg: Jangan Saling Menjatuhkan Sri Sultan Hamengku Buwono X saat memberikan pesan ke para caleg wanita di kediamannya di Jakarta. (Foto: Zunita Amalia Putri/detikcom)
Jakarta - Sri Sultan Hamengku Buwono (HB) X berpesan kepada caleg-caleg perempuan yang lolos menjadi legislator baik di DPR RI, DPD maupun DPRD. Sultan meminta para politikus perempuan ini bisa bekerja dengan benar sesuai aturan negara.

Hal itu dikatakannya saat menyampaikan kata penutup di acara diskusi Pemilu 2019 bertajuk 'Quo Vadis Perempuan' yang digelar di kediamannya, Jalan Suwiryo, Menteng, Jakarta Pusat, Sabtu (15/6/2019). Sultan mengingatkan pentingnya belajar dari pengalaman anggota legislatif sebelumnya.

"Saya ucapkan selamat atas terpilihnya Ibu-ibu semua, saya hanya punya harapan, Ibu-ibu gimana tetap pada kemampuan untuk belajar, karena kita duduk di jabatan apapun, belum tentu punya pengalaman, bagi yang baru," ujar Sultan.




Dia juga mengingatkan akan tantangan besar yang kemungkinan akan dihadapi oleh caleg-caleg perempuan. Dia berharap tidak ada perilaku yang menyimpang jika nanti sudah ditetapkan sebagai anggota legislatif.

"Saya punya harapan pada Ibu-ibu, bagaimana ibu bisa dalam kebersamaan, sesama wanita jangan saling menjatuhkan. Kalau ada teman yang menonjol dari yang lain, jangan ibu yang menghancurkan juga," katanya.

Dia juga berpesan agar para caleg perempuan ini bersikap seperti layaknya orang profesional bekerja dan mengabdi untuk negara. Dia meminta agar para caleg perempuan ini tidak berperilaku sebagai Ibu rumah tangga jika sudah berada di lingkungan kantor dan kala bertugas kenegaraan.

"Jadi, kalau ibu laksanakan tugas kenegaraan jangan bersikap sebagai ibu rumah tangga di kantor, sehingga Ibu-ibu bisa fokus, itu juga tuntutan dari warga, tuntutan dari masyarakat yang pilih Ibu-ibu, harapan saya Ibu-ibu sukses," pungkasnya.
(zap/zak)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed