detikNews
Sabtu 15 Juni 2019, 18:23 WIB

Kemenkum HAM Masih Periksa Setnov soal Tujuan Pelesiran ke Toko Bangunan

Yulida Medistiara - detikNews
Kemenkum HAM Masih Periksa Setnov soal Tujuan Pelesiran ke Toko Bangunan Foto: Ari Saputra
Jakarta - Setya Novanto kedapatan pelesiran ke sebuah toko bangunan mewah di wilayah Padalarang, Jawa Barat. Kemenkum HAM mengatakan, pihaknya masih memeriksa bekas Ketua DPR itu terkait tujuannya di tempat tersebut.

"Sementara pemeriksaan kepada Setnov dan petugas masih akan dilakukan. Evaluasi sementara karena petugas tidak menjalankan tugasnya sesuai standar operasional prosedur," kata Kepala Bagian Humas Ditjen PAS Kemenkum HAM Ade Kusmanto, saat dihubungi, Sabtu (15/6/2019).

Setya Novanto saat ini ditempatkan di sel isolasi di Rutan Gunung Sindur, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Penahanan terhadap dia sebelumnya dilakukan di Lapas Sukamiskin. Ade mengatakan, pemindahan ini sebagai respons atas kasus pelesiran tersebut.


"Dengan pengamanan maksimum security, one man one cell, diharapkan Setnov tidak akan melakukan kembali pelanggaran tata tertib lapas dan rutan selama menjalani pidananya," katanya.

Diketahui, Setya Novanto dipindahkan dari Lapas Sukamiskin ke Rutan Gunung Sindur akibat ulahnya pelesiran ke sebuah toko bangunan mewah di Padalarang, Kabupaten Bandung Barat. Di Gunung Sindur, Novanto akan dimasukkan ke dalam sel isolasi.


"Setelah pertama datang di (sel) isolasi dulu," ucap Kadivpas Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkum HAM) Jabar Abdul Aris saat dikonfirmasi wartawan, Sabtu (15/6).

Kakanwil Kemenkum HAM Liberti Sitinjak menyebut pengamanan terhadap Novanto di Gunung Sindur lebih diperketat. Termasuk pemberian izin berobat.



Simak Juga 'Kepergok Pelesiran, Setya Novanto Dipindah ke Lapas Gunung Sindur':

[Gambas:Video 20detik]


(yld/hri)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed