ADVERTISEMENT

Kalapas: Penahanan Setya Novanto di Rutan Gunung Sindur, Bukan Lapas

Marlinda Oktavia Erwanti, Herianto Batubara - detikNews
Sabtu, 15 Jun 2019 13:10 WIB
Setya Novanto saat kepergok datang ke toko bangunan mewah di Padalarang, Kabupaten Bandung Barat. (Foto: Istimewa)
Jakarta - Kakanwil Kementerian Hukum dan HAM Jawa Barat Liberti Sitinjak mengatakan penahanan Setya Novanto dipindah dari Lapas Sukamiskin ke Lapas Kelas III Gunung Sindur, Kabupaten Bogor, terkait aksi eks Ketua DPR itu tepergok pelesiran ke toko bangunan. Kalapas Gunung Sindur Sopiana mengatakan Novanto tidak ditempatkan di lapas.

"(Setya Novanto, red) sampai di Rutan Gunung Sindur itu jam setengah dua dini hari," kata Sopiana saat dihubungi detikcom lewat telepon, Sabtu (15/6/2019).

"Kebetulan dipindahnya kan bukan ke lapas. Saya kan Kalapas. Ini Pak Setnov dipindahkan ke rutan," sambungnya menegaskan.


Sopiana mengatakan dirinya tidak bisa menyampaikan lebih jauh terkait penanganan terhadap Setya Novanto karena kewenangan ada di Kepala Rutan Kelas II B Gunung Sindur Agus Salim.

Lapas dan Rutan Gunung Sindur memang berada dalam satu lingkungan, tapi keduanya berbeda kewenangan. Lapas adalah tempat untuk melaksanakan pembinaan narapidana dan anak didik pemasyarakatan. Sedangkan rutan adalah tempat tersangka/terdakwa ditahan sementara sebelum keluarnya putusan pengadilan yang berkekuatan hukum tetap guna menghindari tersangka/terdakwa tersebut melarikan diri atau mengulangi perbuatannya.

"Jadi lapas dan rutan itu satu lingkungan, sama-sama di Gunung Sindur," ucapnya.


detikcom kemudian meminta konfirmasi ke Karutan Gunung Sindur Agus Salim terkait pemindahan penahanan Setya Novanto. Namun dia mengaku belum bisa memberi keterangan lebih jauh.

"Kami belum bisa menyampaikan apa-apa, karena ini permasalahannya kan di Sukamiskin dan yang memindahkannya bukan permintaan kami. Ini yang memindahkan dari kantor wilayah. Jadi kalau kami memberikan penjelasan takutnya tidak akurat," kata Agus.

"Ini kami rapat dulu sambil menunggu, kenapa ke sini (pemindahan Setya Novanto, red) kami tidak tahu," sambungnya.

Agus menegaskan dirinya dan jajarannya sedang menggelar rapat terkait penanganan Setya Novanto. Dia belum bisa memberikan pernyataan yang lebih jelas soal pemindahan Setya Novanto.

"Ini mendadak semuanya, ini perintah dari Pak Kakanwil. Mohon izin kami belum bisa memberikan statement yang lebih jelas," ujarnya.

Sebelumnya, Novanto tepergok pelesiran pada Jumat (14/6) ke toko bangunan yang berada di Kotabaru Parahyangan, Padalarang, Kabupaten Bandung Barat (KBB), Jawa Barat. Dalam foto yang beredar, Novanto tampak mengenakan kemeja lengan pendek, kepalanya memakai topi hitam dan wajahnya ditutup masker.

Dalam foto itu, Novanto tampak berbincang dengan seorang wanita berjilbab yang tengah menenteng tas berwarna merah. Salah seorang pegawai di toko bangunan tersebut mengatakan wanita berjilbab itu adalah istri Novanto, Deisti Astriani Tagor.



Tonton video Kepergok Pelesiran, Setya Novanto Dipindah ke Lapas Gunung Sindur:

[Gambas:Video 20detik]

(hri/)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT