detikNews
Sabtu 15 Juni 2019, 12:55 WIB

Tidak Beri Tilang, Polantas di Riau Ajak Pelanggar Lalin Doa Bersama

Chaidir Anwar Tanjung - detikNews
Tidak Beri Tilang, Polantas di Riau Ajak Pelanggar Lalin Doa Bersama Ilustrasi (Grandyos Zafna/detikcom)
Siak - Empat pengendara motor yang tidak menggunakan helm terjaring razia yang digelar tim Satlantas Polsek Minas, Kabupaten Siak. Para pengendara itu tidak ditilang polisi, melainkan diajak berdoa bersama.

"Warga yang melanggar lalu lintas tidak kami lakukan tindakan tilang. Mereka kami ajak berdoa bersama untuk keselamatan dirinya sendiri yang menggunakan motor tanpa helm," kata Kasat Lantas Polres Siak AKP Birgitta Atvina Wijayanti kepada detikcom, Sabtu (15/6/2019).

Birgitta menjelaskan razia tersebut digelar Polsek Minas pada Jumat (14/6) di jalan lintas Minas-Perawang.

"Saat digelar tim Satlantas Polsek Minas, ditemukan ada 4 warga pengguna roda dua yang tidak menggunakan helm. Mereka dihentikan, namun tidak diberikan tindakan tilang," kata Birgitta.

Selanjutnya, para pengendara tanpa helm ini diminta menepi dan berkumpul. Mereka diminta berdoa untuk keselamatan masing-masing dan tidak mengulangi perbuatannya.

"Kami melakukan ini karena tidak semua pelanggaran lalu lintas harus ditilang. Mungkin dengan cara kita ajak berdoa untuk keselamatannya sendiri, bisa menyentuh ke hati nurani mereka sendiri," kata Birgitta.

Penindakan dengan cara diajak berdoa ini, kata Birgitta, langsung dipimpin Kanit Lantas Polsek Minas, Ipda Ricky Marzuki SH. Dengan harapan, warga yang tak mematuhi aturan berlalu lintas ini tidak akan mengulangi perbuatannya.

Birgitta menjelaskan, untuk jalan lintas Minas, angka kecelakaan lalu lintas cukup tinggi. Padahal berbagai edukasi sudah disampaikan ke masyarakat untuk tetap mematuhi aturan berlalu lintas.

"Selalu ada korban dalam lakalantas di kawasan tersebut. Kami berencana juga akan menggelar kenduri jalan bersama dengan masyarakat dan pemerintah setempat di Kecamatan Minas. Nanti akan kami cari lokasinya yang tepat sambil mengundang ustaz sembari menggelar doa keselamatan," tutup Birgitta.
(cha/aan)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed