detikNews
Jumat 14 Juni 2019, 18:15 WIB

YouTuber 10 Ribu Subscriber Bisa Masuk UPN Veteran via Jalur Prestasi

Danu Damarjati - detikNews
YouTuber 10 Ribu Subscriber Bisa Masuk UPN Veteran via Jalur Prestasi Foto ilustrasi tentang YouTuber (Reuters)
Jakarta - Universitas Pembangunan Nasional (UPN) Veteran Jakarta menilai YouTuber dengan 10 ribu subscriber sebagai pelajar berprestasi, meski bukan dari sisi akademis. YouTuber dengan 10 ribu subscriber bisa mendaftar untuk menjadi mahasiswa di UPN Veteran Jakarta lewat jalur prestasi.

UPN Veteran Jakarta mengumumkan program penerimaan mahasiswa barunya lewat situs resminya, diakses detikcom, pada Jumat (14/6/2019). Di situ, YouTuber dengan 10 ribu subscriber disandingkan dengan bentuk prestasi lainnya, seperti juara olimpiade dan hafiz Alquran.



YouTuber bisa mendaftar UPN Veteran Jakarta lewat jalur seleksi mandiri (SEMA UPNVJ), lebih spesifik adalah SEMA UPNVJ via jalur prestasi. Berbeda dengan SEMA UPNVJ jalur akademik yang menggunakan nilai Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) sebagai kriteria tunggal kelulusan, SEMA UPNVJ jalur prestasi menggunakan gabungan nilai UTBK dan prestasi calon mahasiswanya sebagai kriteria kelulusan.

Berikut prestasi-prestasi akademik/nonakademik yang akan dipertimbangkan UPN Veteran Jakarta:
-prestasi bidang olimpiade sains, olahraga, dan seni peringkat 1 hingga 3 tingkat kabupaten/kota, provinsi, nasional, dan internasional dalam tiga tahun terakhir
-hafiz Alquran minimal 5 juz
-ketua OSIS minimal satu periode
-YouTube content creator minimal 10 ribu subscriber


Hal itu tercantum dalam Pengumuman Rektor UPN Veteran Jakarta Nomor 32/UN61/PG/2019 tentang Penerimaan Mahasiswa Baru Program Sarjana Jalur Seleksi Mandiri Tahun 2019. Pengumuman ini ditandatangani oleh Rektor Erna Hernawati, 11 Juni 2019.

Mereka yang bisa mengikuti SEMA UPNVJ ini dikenakan biaya pendaftaran Rp 275 ribu. Besaran uang kuliah tunggal (UKT) bervariasi antara Rp 6 juta hingga Rp 10 juta. Sumbangan pengembangan institusi (SPI) mahasiswa baru bervariasi, antara Rp 10 juta hingga Rp 40 juta untuk nonprogram studi kedokteran, dan Rp 50 juta hingga Rp 200 juta untuk program studi kedokteran. Pendaftaran jalur SEMA UPNVJ Tahun 2019 ini dimulai tanggal 12 hingga 21 Juli 2019. Pendaftaran dilakukan lewat situs pendaftaran.upnvj.ac.id.


Pengumuman hasil kelulusan dirilis tanggal 29 Juli 2019 pukul 20.00 WIB nanti, diumumkan melalui situs web Pendaftaran Penerimaan Mahasiswa Baru UPN Veteran Jakarta.


(dnu/tor)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed