detikNews
Jumat 14 Juni 2019, 16:46 WIB

Tinjau Waduk Muara Nusa Dua, Jokowi: Akhir Tahun Ini Selesai

Andhika Prasetia - detikNews
Tinjau Waduk Muara Nusa Dua, Jokowi: Akhir Tahun Ini Selesai Presiden Joko Widodo (Jokowi) meninjau proyek rehabilitasi Waduk Muara Nusa Dua di Provinsi Bali. (Foto: Andhika/detikcom)
Denpasar - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meninjau proyek rehabilitasi Waduk Muara Nusa Dua di Provinsi Bali. Waduk ini ditargetkan beroperasi pada akhir 2019.

Waduk Muara Nusa Dua dibangun pada 1996, yang merupakan muara dari Tukad, Badung. Berikut ini data teknis Waduk Muara Nusa Dua:

1. Luas genangan: 35 hektare
2. Volume tampungan total: 770 ribu meter kubik
3. Volume tampungan efektif: 595 ribu meter kubik
4. Pemanfaatan: Air baku Bali Selatan sebesar 300 liter per detik yang akan ditingkatkan menjadi 500 liter per detik

Tinjau Waduk Muara Nusa Dua, Jokowi: Akhir Tahun Ini SelesaiPresiden Joko Widodo (Jokowi) meninjau proyek rehabilitasi Waduk Muara Nusa Dua di Provinsi Bali. (Foto: Andhika/detikcom)

Dalam tinjauannya, Jokowi didampingi Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono serta Gubernur Bali I Wayan Koster. Sumber air di waduk dapat menghidupi warga di Denpasar, Teluk Benoa, Nusa Dua, dan sekitar Bandara I Gusti Ngurah Rai.

"Ini menjadi sumber air baku untuk Denpasar, Benoa, Nusa Dua, sama sekitar airport. Ini sangat penting sekali, tapi ini belum selesai baru 80 persen akan diselesaikan nanti akhir tahun ini, Desember. Saya melihat dari sisi pengerjaan keliatan rapi," ujar Jokowi di lokasi, Denpasar, Bali, Jumat (14/6/2019).

Tinjau Waduk Muara Nusa Dua, Jokowi: Akhir Tahun Ini SelesaiPresiden Joko Widodo (Jokowi) meninjau proyek rehabilitasi Waduk Muara Nusa Dua di Provinsi Bali. (Foto: Andhika/detikcom)

Selain berfungsi sebagai penyimpan kebutuhan air baku, Waduk Muara Nusa Dua akan difungsikan sebagai objek wisata. Akan dibangun fasilitas yang menunjang untuk sektor pariwisata seperti restoran.

"Ya nanti kanan-kiri nanti akan ada kayak resto, kafe gitu. Ini gambarnya ada. Kalau bisa fungsinya tidak hanya air baku, bisa untuk wisata, bisa untuk resto," jelas Jokowi.


Dalam rilis yang diterima, tujuan rehabilitasi Waduk Muara Nusa Dua adalah:

1. Mengelola sedimentasi dengan groundsill dan pengerukan secara berkala.
2. Mengembalikan tampungan efektif dengan perbaikan penampang tanggul.
3. Meningkatkan suplai air baku dari 300 liter per detik menjadi 500 liter per detik.
4. Membuat saluran pengarah dan trashrack untuk mengangkat sampah.
(dkp/nvl)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed