detikNews
Jumat 14 Juni 2019, 15:11 WIB

Sidang Sengketa Pilpres

TKN Jokowi: Presentasi Tim Hukum Prabowo Fitnah!

Lisye Sri Rahayu - detikNews
TKN Jokowi: Presentasi Tim Hukum Prabowo Fitnah! Arsul Sani (Lisye Sri Rahayu/detikcom)
FOKUS BERITA: Putusan MK Pilpres 2019
Jakarta - Tim hukum Prabowo Subianto-Sandiaga Uno menilai Joko Widodo (Jokowi) menyalahgunakan jabatannya sebagai presiden untuk kepentingan Pilpres 2019. Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma'ruf Amin menyebut apa yang disampaikan tim hukum Prabowo fitnah.

"Nanti pada saatnya kita jawab. Apa yang mereka presentasikan itu adalah fitnah," ujar Wakil Ketua TKN Jokowi-Ma'ruf, Arsul Sani, kepada wartawan di gedung Mahkamah Konstitusi (MK), Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Jumat (14/6/2019).




Sekjen Partai Persatuan Pembangunan (PPP) itu mengaku heran atas cara berpikir tim hukum Prabowo. Arsul kemudian mencoba mengikuti cara berpikir tim hukum Prabowo.

"Kalau kita ikuti cara atau kerangka berpikir mereka, maka berarti semua presiden, perdana menteri petahana, yang akan bertarung kembali dalam pemilu yaitu harus berhenti atau menganggur, jangan kerja, gitu loh," kata dia.

Arsul juga menepis tudingan tim hukum Prabowo yang menyebut percepatan pencairan THR dan gaji ke-13 yang dilakukan pemerintah merupakan salah satu kecurangan yang dilakukan Jokowi. Arsul menyebut tudingan itu patah karena, berdasarkan hasil survei, mayoritas aparatur sipil negara (ASN) justru tidak memilih Jokowi.




"Secara materiil, itu nggak terlalu sulit kok. Misalnya mempersoalkan soal THR, gaji ke-13 ASN. Kalau itu dimaksudkan sebagai bentuk sebuah kecurangan bahwa agar ASN itu, katakanlah, atau karena kemudian ASN milih Pak Jokowi, nggak juga. Surveinya menyatakan mayoritas ASN itu tidak memilih Pak Jokowi dan Kiai Ma'ruf," papar Arsul.

Tim hukum Prabowo menyinggung soal penyalahgunaan kekuasaan yang dilakukan Jokowi. Jokowi dinilai menyalahgunakan anggaran negara dan aparatur negara.

"Yang dihadapi oleh paslon capres dan cawapres Prabowo-Sandiaga Uno bukanlah paslon 01, tetapi sebenarnya adalah presiden petahana Joko Widodo yang menyalahgunakan kekuasaannya (abuse of power)," kata Denny saat membacakan gugatan sengketa pilpres di gedung MK.



Tonton video BPN Sodorkan Pendapat Ahli Termasuk Yusril soal Gugatan Pilpres ke MK:

[Gambas:Video 20detik]


(lir/zak)
FOKUS BERITA: Putusan MK Pilpres 2019
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed