detikNews
Jumat 14 Juni 2019, 15:02 WIB

Sidang Sengketa Pilpres

KPU Minta Sidang Lanjutan Gugatan Pilpres Diundur hingga Rabu

Lisye Sri Rahayu - detikNews
KPU Minta Sidang Lanjutan Gugatan Pilpres Diundur hingga Rabu Sidang di MK (Granyos Zafna/detikcom)
FOKUS BERITA: Putusan MK Pilpres 2019
Jakarta - KPU keberatan terhadap gugatan perbaikan yang dipakai kubu Prabowo-Sandiaga Uno. KPU meminta Mahkamah Konstitusi (MK) menjadwal ulang sidang tanggapan atas gugatan itu.

"Kami punya kendala untuk menghadirkan teman-teman dari daerah agak sulit, kami mohon kelonggaran," kata Ketua KPU Airef Budiman di ruang utama sidang gedung MK, Jl Medan Merdeka Barat, Jakarta, Jumat (14/6/2019).

KPU mengatakan pihaknya kesulitan karena momen sidang bertepatan dengan momen Lebaran. Karena itu, menghadirkan komisioner dari berbagai daerah untuk Senin, 17 Juni, agak sulit dilakukan.



"Nah, apalagi putusan ini hampir sore, kalau kami harus hadirkan mereka, hanya tersisa Sabtu-Minggu, saya meyakini agak susah mencari transportasi dari jarak jauh, apalagi Sabtu-Minggu dan ini mungkin karena suasana Lebaran jadi tiket susah. Jadi kalaupun sidang lagi, paling cepat Rabu," kata Arief.

Menanggapi permintaan Arief, 9 hakim MK meminta waktu 10 menit untuk melakukan rapat. MK akan membahas permintaan Ketua KPU dan akan memutusnya sore ini.

"Sidang kami skors 10 menit," ujar Ketua MK Anwar Usman.

Sidang kedua gugatan Pilpres berlangsung pada Senin, 17 Juni 2019. Sidang beragendakan tanggapan dari KPU atas materi gugatan yang diajukan tim hukum Prabowo-Sandi.



Tonton video Gugatan Tim Prabowo di MK: Jokowi Abuse of Power:

[Gambas:Video 20detik]


(lir/rvk)
FOKUS BERITA: Putusan MK Pilpres 2019
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed