detikNews
Jumat 14 Juni 2019, 11:48 WIB

Laporan Keuangan Kemendagri dan Kemenag Dapat WTP dari BPK

Rolando - detikNews
Laporan Keuangan Kemendagri dan Kemenag Dapat WTP dari BPK Penyerahan LHP untuk Kemendagri dan Kemenag (Foto: Rolando/detikcom)
Jakarta - Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) dan Kementerian Agama (Kemenag) kembali mengantongi opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) untuk laporan keuangannya dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK). Selain itu sejumlah lembaga lain juga mendapatkan hal serupa.

Penyerahan Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) atas Laporan Keuangan Kementerian/Lembaga (LKKL) dan Badan Lainnya tahun 2018 itu diserahkan Auditorat Utama Keuangan Negara (AKN) V di kantor BPK. Anggota V BPK Isma Yatun memberikannya pada Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo dan Menteri Agama (Menag) Lukman Hakim Saifuddin secara langsung.

"Berdasarkan hasil pemeriksaan yang telah dilakukan oleh Auditorat Keuangan Negara V BPK RI tidak menemukan permasalahan signifikan yang secara material dapat mengganggu kewajaran penyajian keuangan kementerian dan lembaga serta badan lainnya di lingkungan AKN V," kata Isma dalam sambutannya di kantor BPK, Jalan Gatot Subroto, Jumat (14/6/2019).

Selain 2 kementerian tersebut di atas, opini WTP juga diberikan BPK pada Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP), Badan Pengembang Wilayah Surabaya-Madura (BPWS), Badan Pengusahaan Kawasan Perdagangan Bebas dan Pelabuhan Bebas Sabang (BPKS), Badan Pengusahaan Kawasan Perdagangan Bebas dan Pelabuhan Bebas Batam (BP Batam), serta Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH).




Lukman yang menerima langsung laporan itu mengklaim akan selalu mawas diri dalam meningkatkan kinerja. Selain itu Tjahjo menimpali dengan memberikan pujian pada BPK maupun jajaran di Kemendagri.

"Untuk itu dalam kesempatan baik ini, kami mengucapkan terima kasih yang tiada terhingga kepada Kementerian Keuangan dan Kementerian Agama, dan tentu kepada BPK RI yang terus menerus mengingatkan kami untuk melakukan pengelolaan APBN yang akutanbel melalui pemeriksaan yang dilakukan secara rutin. Kami semakin mawas diri dan berupaya meningkatkan antisipasi dan kelemahan yang ada dengan melakukan langkah-langkah yang kami anggap tepat," kata Lukman.

"Yang pertama Kemendagri dan BNPP saya sebagai menteri dan kepala menyampaikan terima kasih bahwa kinerja teman-teman di jajaran Kemendagri dan BNPP setidaknya selama 4 tahun ini mampu menunjukkan kinerja yang sangat-sangat profesional khususnya dalam penataan keuangan anggaran negara ini sehingga bisa dipertanggungjawabkan dengan baik," imbuh Tjahjo.
(dhn/dhn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed