detikNews
Rabu 12 Juni 2019, 14:06 WIB

KPU Sepakati Jawaban Gugatan Pilpres soal Data Pemilih hingga Situng

Dwi Andayani - detikNews
KPU Sepakati Jawaban Gugatan Pilpres soal Data Pemilih hingga Situng Foto: Kuasa hukum KPU, Ali Nurdin (Dwi Andayani/detikcom)
Jakarta - KPU akan menyerahkan bukti dan jawaban atas gugatan pilpres ke MK sore ini. Tim hukum KPU mengatakan jawaban yang disiapkan telah disetujui komisioner KPU.

"Sudah selesai tadi (pleno), sudah di-acc (dokumen jawaban) oleh komisioner," ujar kuasa hukum KPU, Ali Nurdin, di kantor KPU, Jl Imam Bonjol, Jakarta Pusat, Rabu (12/6/2019).


Pada kesempatan yang sama, komisioner KPU Ilham Saputra membenarkan hal tersebut. Menurutnya, beberapa hal yang telah di acc terkait data pemilih, situng hingga logistik.

"Ya misalnya ada beberapa hal terkait dengan data pemilih kan disoal juga ya, termasuk soal situng, soal logistik, nah itu kita siapkan bahan-bahannya," kata Ilham.

KPU Sepakati Jawaban Gugatan Pilpres soal Data Pemilih hingga SitungFoto: Komisioner KPU Ilham Saputra (Dwi Andayani/detikcom)

Ilham mencontohkan gugatan yang dimaksud, salah satunya soal 17,5 juta data pemilih tetap yang dianggap tidak wajar. Ilham juga menyebut penjelasan soal data 17,5 juta pemilih yang dianggap janggal sebelumnya telah disampaikan oleh KPU.


"Misalnya saja dibilang bahwa data pemilih kita nggak akurat yang 17,5 juta dulu, itu kita sudah sampaikan dulu kan ketika kita memjawab pertanyaan mereka. Teman-teman juga hadir ketika itu, disampaikan lagi kemudian kita bandingkan dengan data yang kita punya," kata Ilham.

Diketahui, sebelumnya KPU telah mengumpulkan bukti-bukti berupa dokumen dan saksi untuk menghadapi gugatan. Bukti ini dikumpulkan dari masing-masing KPU Provinsi, Kabupaten/kota yang terdapat gugatan.



Tonton video Wiranto Imbau Tak Ada Pengerahan Massa di Sidang Gugatan Pilpres:

[Gambas:Video 20detik]


(dwia/gbr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed