detikNews
Rabu 12 Juni 2019, 11:48 WIB

Anies Janji Gelar Mudik Gratis Lagi Tahun Depan

Muhammad Fida Ul Haq - detikNews
Anies Janji Gelar Mudik Gratis Lagi Tahun Depan Anies Baswedan. (Foto: Farih Maulana/detikcom)
Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan berjanji akan menggelar kembali mudik gratis tahun depan. Anies meminta peserta mudik gratis ikut menyosialisasikan program tersebut agar lebih banyak lagi warga yang mendaftar.

"Pengalaman mudik yang kemarin, ibu bapak bisa ceritakan kepada yang lain. Insyaallah tahun depan kita akan teruskan. Kita berharap nantinya kita bisa perluas," kata Anies di Balai Kota, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Rabu (12/6/2019).



Anies menuturkan Pemprov DKI Jakarta tidak hanya menggelar mudik ke kampung halaman tapi juga sebaliknya. Dia mengatakan banyak dari peserta mudik yang tidak mengetahui informasi tersebut.

"Memang yang kita kerjakan dengan menyiapkan kendaraan mudik ini dua arah. Untuk mudik ke kampung dan dari kampung kembali ke Jakarta. Banyak yang mengira hanya satu arah, padahal dua arah," jelas Anies.

Anies meminta peserta mudik menambahkan kekurangan yang perlu diperbaiki. Usulan tersebut akan dipertimbangkan dalam mudik gratis tahun depan.

"Tadi sudah ada yang usul. Siapkan untuk buka puasa, nanti kita siapkan untuk buka puasa. Kemudian tadi ada yang usul minta kaos," sebutnya.



Selain itu, Anies memastikan tidak akan lagi melakukan operasi yustisi bagi pendatang. Dia mengatakan semua warga mendapat kesetaraan yang sama untuk mengadu nasib di Jakarta.

"Ini udah bukan masanya lagi dan hampir pasti yang terkena operasi-operasi macam itu rakyat kecil. Yang datang dengan modal terbatas. Kita kebijakannya adalah kesetaraan," jelasnya.

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan ini mengatakan perpindahan warga tidak hanya yang masuk ke Jakarta tapi juga keluar Jakarta. Anies mengimbau setiap warga yang pindah domisili segera mengurus administrasi yang diperlukan.

"Banyak pergerakan bukan hanya ke Jakarta tapi keluar juga cukup tinggi. Karena itu pencatatan pendudukan penting. Saya mengimbau semuanya jangan lupa keluar Jakarta melaporkan bahwa bikin surat pindah. Yang masuk juga bawa surat," sebut Anies.



Tonton video saat Anies Ajak Warga Pantau Harga Pangan Via Aplikasi:

[Gambas:Video 20detik]


(fdu/idn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com