detikNews
Selasa 11 Juni 2019, 23:51 WIB

Petugas Evakuasi Warga Padang Pariaman yang Terjebak Banjir

Jeka Kampai - detikNews
Petugas Evakuasi Warga Padang Pariaman yang Terjebak Banjir Petugas mengevakuasi warga. (Foto: Jeka/detikcom)
Padang - Selain tanah longsor, banjir menerjang sejumlah kecamatan di Kabupaten Padang Pariaman, Sumatera Barat. Banjir terjadi akibat hujan lebat sejak sore tadi.

"Petugas masih di lapangan. Selain melakukan pendataan, juga melalukan evakuasi warga yang terjebak banjir," kata Kepala Badan Pelaksana BPBD Kabupaten Padang Pariaman Budi Mulya dalam keterangan kepada wartawan, Selasa (11/6/2019) malam.

Menurut Budi, di antara kecamatan yang dilanda banjir tersebut adalah Sungai Limau dan Kecamatan Sungai Geringging. Musibah terjadi akibat luapan Sungai Batang Paiangan meluap sejak sore. Setidaknya ada beberapa titik kecamatan yang terkena dampak luapan air sungai tersebut.

"Titik banjirnya banyak. Kami sedang merangkum. Fokus saat ini menyelamatkan warga yang menjadi korban," katanya.



Laporan sementara menyebutkan banjir merusak rumah warga dan lahan pertanian, serta menghanyutkan sejumlah hewan ternak. Sementara itu, petugas BPBD juga sedang berusaha membersihkan material longsor di Kecamatan Sungai Geringging.



Salah satu rumah warga di Simpang Sigalumbuak Koto Tabuah, Kampuang Pinang, Nagari Batu Gadang, tertimbun material longsor.

"Longsor menimbun satu rumah. Ada dua korban. Satu meninggal dunia, satu lagi mengalami luka di bagian tangan," jelas Budi.

Korban tewas bernama Syahrir. Pedagang berusia 40 tahun itu ditemukan tertimbun material longsor. Sementara korban luka bernama Yulia.


(rvk/rvk)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed