detikNews
Selasa 11 Juni 2019, 18:48 WIB

Sandiaga akan Takziah ke SBY di Cikeas, Ibas: Kita Menyambut Baik

Farih Maulana Sidik - detikNews
Sandiaga akan Takziah ke SBY di Cikeas, Ibas: Kita Menyambut Baik Ibas dan keluarga ziarah ke makam Ani Yudhoyono di TMP Kalibata Foto: Farih Maulana Sidik/detikcom
Jakarta - Cawapres Sandiaga Uno sudah kembali ke Jakarta usai menghabiskan libur panjang Lebaran bersama keluarga di Amerika Serikat. Dia mengungkap keinginan untuk takziah ke Cikeas menemui Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dan keluarga. Niat itu disambut baik keluarga SBY.

Putra kedua SBY, Edhie Baskoro Yudhoyono atau Ibas mengaku belum mengetahui rencana Sandi takziah tersebut. Namun dia mengatakan akan menyambut baik kedatangan Sandi.

"Untuk itu (Sandi takziah-red) saya belum tahu secara langsung, karena kan jadwal Pak SBY ada di ajudan ya. Ya kita menyambut baik saja siapapun yg hendak bertakziah," kata Ibas saat diwawancarai detikcom.


Ibas ditemui detikcom di Taman Makam Pahlawan (TMP) Utama Kalibata, Jakarta Selatan, Selasa (11/6/2019) sore. Dia sedang berziarah ke makam Ani Yudhoyono bersama istrinya Siti Ruby Aliya Rajasa dan ketiga anaknya Airlangga Satriadhi Yudhoyono, Pancasakti Maharajasa Yudhoyono, dan Gayatri Idalia Yudhoyono.

Ibas mengatakan, dirinya dan keluarga menyambut baik siapapun tokoh yang hendak takziah ke kediaman mereka di Cikeas, Gunung Putri, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Begitu pula dengan Sandiaga Uno. Dia bersyukur ada banyak orang yang turut bersedih dan mendoakan sang ibunda. Diketahui Ani Yudhoyono meninggal dunia pada Sabtu (1/6) setelah dirawat intensif di Singapura sejak Februari 2019 karena kanker darah.

"Tentunya waktu kemarin ketika pemakaman dan sebelum pemakaman, waktu disemayamkan, banyak juga saya pikir ribuan orang atau banyak orang dari berbagai daerah melakukan takziah sekaligus mendoakan Ibu Ani. Itu juga merupakan anugerah dan ucapan rasa syukur kami sekeluarga, sekaligus kami ucapkan terima kasih yang sedalam-dalamnya, sebesar-besarnya semoga mereka-mereka, bapak ibu saudara-saudara yang bertakziah juga diberikan jalan yang terbaik dikemudiannya, diberikan kesehatan dan panjang umur. Kami tidak bisa membalas, hanya melalui doa yang tulus kepada semuanya yang telah memberikan penghormatan terakhir dan doa kepada almarhumah Ibu Ani," ujar Ibas.


Sandiaga sebelumnya mengaku ingin bertemu dengan SBY untuk bertakziah atas meninggalnya sang istri, Ani Yudhoyono. Meski begitu, Sandi belum dapat memastikan kapan bisa bertemu dengan SBY. Ia mengaku menyesuaikan jadwal Ketua Umum Partai Demokrat (PD) tersebut.

"Saya sudah minta waktu sama keluarga Pak SBY, saya ingin bertakziah, saya ingin berbelasungkawa, lagi menunggu. Hari ini sudah terjadwal dengan Pak Prabowo, sore ini kita akan bertukar pikiran," kata Sandiaga di kediamannya, Jalan Pulo Bangkeng, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Selasa (11/6).
(hri/fdn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed