detikNews
Selasa 11 Juni 2019, 11:11 WIB

Gelar Halalbihalal, Mendikbud: Ini Khas Indonesia

Arief Ikhsanudin - detikNews
Gelar Halalbihalal, Mendikbud: Ini Khas Indonesia Muhadjir Effendy (Arief Ikhsanudin/detikcom)
Jakarta - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy mengadakan acara halalbihalal di kantornya, Jalan Sudirman, Jakarta. Dalam acara itu, Muhadjir menyebut halalbihalal merupakan acara khas di Indonesia.

Acara halalbihalal diikuti seluruh pegawai di Kemdikbud, Selasa (11/6/2019). Mereka saling berbincang, mengucap selamat Idul Fitri, dan saling menyampaikan maaf. Seperti acara halalbihalal di tempat lain, seluruh pegawai dan pejabat kementerian berbaris serta bersalaman dengan Muhadjir dan lainnya.


Muhadjir menyebut tradisi halalbihalal tidak ada di tempat lain. Kebudayaan ini disebutnya khas dari Indonesia.

"Kalau di tempat lain tidak ada. Ini khas Indonesia. Itulah hebat orang Indonesia, kreatif," ucap Muhadjir.

Sementara itu, Dirjen Kebudayaan Kemendikbud Hilmar Farid menyebut kegiatan halalbihalal hidup dalam masyarakat Jawa. Catatan pertama yang menulis kegiatan yang serupa dengan halalbihalal terjadi saat zaman Raja Mangkunegara Pertama.


"Tradisi ini hidup di masyarakat Jawa. Catatan sejarah pertama kali dikenal di Mangkunegara Pertama. Punya kebiasaan setelah Idul Fitri, raja bertemu masyarakat. Kebiasaan kumpul di lapangan, raja duduk, masyarakat yang muter menyalami," ucap Hilmar.

"Tradisi memperkaya kehidupan beragama kita. Tapi sayangnya ada yang mempertentangkan. Dengan kaya lain, diperkaya kehidupan agama dengan kebudayaan," ucap Hilmar.




Tonton video MenPAN-RB Pantau Kehadiran ASN Usai Libur Lebaran:

[Gambas:Video 20detik]


(aik/gbr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com