Lieus Sungkharisma Lapor Diri ke Polda Metro: Kita Patuhi Ketimbang di Dalam

Samsudhuha Wildansyah - detikNews
Senin, 10 Jun 2019 16:18 WIB
Foto: Lamhot Aritonang
Jakarta - Tersangka kasus dugaan makar, Lieus Sungkharisma lapor diri ke Polda Metro Jaya setelah penahanannya ditangguhkan. Lieus mengaku mematuhi ketentuan wajib lapor daripada harus mendekam di balik jeruji besi.

"Kasus saya ya ini 'kan harus datang tiap Senin dan Kamis (untuk melakukan wajib lapor), ya kita patuhi dong ketimbang di dalam (Rutan) 'kan lebih enak di luar," kata Lieus kepada wartawan di Polda Metro Jaya, Jakarta, Senin (10/6/2019).

Pernyataan itu disampaikan Lieus usai menjenguk Eggi Sudjana di Rutan Polda Metro Jaya hari ini. Lieus bersyukur jika penyidik Polda Metro Jaya sudah mengabulkan permintaan penangguhan penahanan dirinya.

Untuk itu ia menyebut akan mengikuti proses hukum yang berlaku. Ia juga akan rutin melakukan wajib lapor ke Polda Metro Jaya.



"Saya juga sama, saya ikutin saja, karena kita berkeyakinan penuh nggak ada itu makar-makar apa," kata Lieus.

Untuk kasusnya sendiri, Lieus bersikap tegas menyebut pernyataannya bukan bentuk makar. Ia menegaskan jika dirinya tidak ada niat untuk menggulingkan pemerintahan yang sah saat ini.

"Kalau beda pandangan terus dianggap makar, wah udah mundur lah demokrasi kita mundur jauh, karena kan nggak ada kebencian kita kepada kepemerintahan sekarang. Tapi kalau kita punya sudut pandang akan lebih bagus Pak Prabowo yang mimpin kan nggak salah juga dong, kalau itu dianggap makar kan nggak sehat menurut saya," ungkap Lieus.

Diketahui, Lieus ditahan di Polda Metro Jaya pada Selasa (21/5) lalu atas kasus dugaan makar. Penahanan Lieus kemudian ditangguhkan pada Senin (3/6) dengan penjamin yaitu istrinya bernama Merry, pengacara Hendarsam Marantoko, dan anggota Komisi III DPR RI dan juga Waketum Gerindra Ahmad Sufmi Dasco.



Dapat Penangguhan Penahanan, Lieus dan Mustofa Harus Wajib Lapor:

[Gambas:Video 20detik]

(sam/mea)