detikNews
Senin 10 Juni 2019, 13:48 WIB

Koster: Saya Halalbihalal Sama Mega, Duduk Bareng TW Saja Nggak

Aditya Mardiastuti - detikNews
Koster: Saya Halalbihalal Sama Mega, Duduk Bareng TW Saja Nggak Gubernur Bali Wayan Koster (kiri). (Agung Pambudhy/detikcom)
Denpasar - Gubernur Bali Wayan Koster buka suara soal fotonya bersama pengusaha Tommy Winata di kediaman Ketua Umum PDIP Megawati. Koster menegaskan hanya datang untuk mengikuti halalbihalal di rumah Megawati.

"Saya datang menghadap Bu Mega dalam rangka Lebaran Idul Fitri, halalbihalal kepada beliau setiap Idul Fitri. Saya datang ya memang sudah ada tamu di meja beliau, lantas saya bersalaman sama ibu dan saya tidak ngobrol lain selain halalbihalal," kata Koster di gedung Wiswa Sabha Utama di Jl Basuki Rahmat, Denpasar, Bali, Senin (10/6/2019).


Koster mengatakan foto yang beredar itu diambil saat berada di rumah Megawati, Jl Teuku Umar, Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (5/6) lalu. Koster mengatakan dia datang bersama rombongan kepala daerah se-Bali yang merupakan kader PDIP.

"Banyak sama bupati-wabup se-Bali dari PDIP. Bupati Buleleng (Putu Agus Suradnyana, red), Wakil Wali Kota Denpasar (IGN Jaya Negara, red), Wakil Bupati Buleleng (I Nyoman Sutjidra, red), Wakil Bupati Jembrana (Made Kembang Hartawan, red), Bupati Gianyar (I Made Agus Mahayastra, red), wakilnya (AA Mayun, red), Bupati Bangli (I Made Gianyar, red) juga," urainya.

Foto silaturahmi Wayan Koster di rumah Megawati.Foto silaturahmi Wayan Koster di rumah Megawati. (Foto: dok. Foto yang diunggah di akun Jerinx)

Koster mengatakan, saat tiba di kediaman Megawati, sudah ada tamu yang hadir, salah satunya Tommy Winata. Ketua DPD PDIP Bali itu mengatakan pihaknya ingin bersilaturahmi dengan Megawati.

"Masa lantas melihat beliau saya terus lari, nggak santun amat. Nanti saya dimarahin kan nggak etis itu, itu kok jauh banget dan lagian saya datang untuk menyalami ibu ketum saya," terang Koster.

"Kok saya dikait-kaitkan sama Pak TW, duduk saja nggak," cetusnya.


Koster menegaskan tak ada pembahasan lain di luar silaturahmi Idul Fitri. Dia memastikan tidak ada reklamasi di Bali.

"Jadi jangan saya dikaitkan dengan urusan orang lain gitu, mau apa pun juga. Ngapain, saya bilang reklamasi itu sudah selesai, nggak ada, sudah nggak relevan untuk dibicarakan lagi. Kok ada aja orang usil mengaitkan saya sama reklamasi? Saya bilang sudah setop, nggak ada," tegas Koster.

Foto yang jadi perbincangan itu diunggah Jerinx 'SID' lewat akun Twitter-nya, @JRX_SID, Jumat (7/6) lalu. Dalam foto itu terlihat juga Puan Maharani, Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto, dan Bupati Buleleng Putu Agus Suradnyana.

Di foto terlihat Megawati, Puan, Hasto, dan Tommy Winata duduk mengelilingi satu meja bundar. Sedangkan Koster terlihat berdiri di pojok sebelah kanan.

"Kemarin. TW, bos Artha Graha pemodal reklamasi Teluk Benoa bersama Megawati dan Gubernur Bali Wyn Koster. Silakan simpulkan," tulis Jerinx seperti dikutip detikcom dari @JRX_SID, Senin (10/6).

Jerinx juga menyinggung soal Perpres 51/2014 tentang reklamasi di Teluk Benoa, Bali. Jerinx juga mempertanyakan komitmen Koster untuk menolak reklamasi di Teluk Benoa.

"Perpres 51/2014 yg dirilis SBY adalah dasar hukum reklamasi TB. Saya berlebihan? Gapapa, toh jika Bali hancur kalian ga nyaman lagi berlibur ke Bali," cetusnya.



Tonton juga video Para Menteri Jokowi-Kapolri Silaturahmi ke Kediaman Megawati:

[Gambas:Video 20detik]


(ams/tor)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com