detikNews
Senin 10 Juni 2019, 13:31 WIB

Anies Ajak Warga Download Aplikasi untuk Pantau Harga Pangan di Jakarta

Arief Ikhsanudin - detikNews
Anies Ajak Warga Download Aplikasi untuk Pantau Harga Pangan di Jakarta Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan/Foto: M Zhacky-detikcom
Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengajak warga untuk mengunduh aplikasi 'Info Pangan Jakarta' (IPJ). Aplikasi tersebut memberikan informasi harga dan ketersediaan pangan di DKI Jakarta.

Ajakan ini dinyatakan Anies ketika mendapatkan pertanyaan soal harga bahan pokok di DKI Jakarta pasca-Lebaran 2019. Ia mengatakan warga bisa langsung mengecek harga lewat aplikasi IPJ.

"Terkait kebutuhan pokok, saya ingin menjelaskan ke warga Jakarta untuk mengunduh aplikasi yang namanya IPJ, Info Pangan Jakarta. Silakan di-download, di mobile phone Apple atau Play Store. Dan di situ nanti masyarakat bisa mendapatkan info langsung tentang harga," kata Anies di Balai Kota DKI Jakarta, Jakarta, Senin (10/6/2019).


Menurut Anies, aplikasi IPJ juga berfungsi untuk mengontrol pasar. Aplikasi IPS, lanjut dia, mengendalikan harga.

"Kalau kita tidak punya info sepeti ini, maka pasar bisa bisa naik turun liar. Dengan ada informasi yang istilahnya kalau dalam pasar itu sistemik information, informasi sistemik, karena semua pelaku pasar mengetahui baik pedagang, baik penjual, baik pedagang besar tahu persis berapa harganya. Jadi dengan cara sepeti itu kita bisa mengendalikan pasar," jelasnya.


Aplikasi IPJ diluncurkan pada Juni 2016 oleh Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok). IPJ memberikan informasi mengenai harga dan ketersediaan pangan yang tersedia di Jakarta. Dengan hadirnya aplikasi ini masyarakat tidak perlu repot-repot pergi ke pasar untuk mengecek harga pangan.



Simak video Anies Undang PNS dan PPSU Halalbihalal di Balai Kota:

[Gambas:Video 20detik]


(tsa/imk)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed