detikNews
Senin 10 Juni 2019, 11:32 WIB

Rumah Warga yang Terbakar Akibat Bentrok di Buton Mulai Dibangun

Sitti Harlina - detikNews
Rumah Warga yang Terbakar Akibat Bentrok di Buton Mulai Dibangun Bentrokan warga berujung pembakaran rumah di Buton, Sultra. (Dok Polda Sultra)
Buton - Tim Pemprov Sulawesi Tenggara (Sultra) mulai membangun kembali rumah-rumah yang hangus terbakar akibat bentrokan di Kabupaten Buton. Kondisi Buton saat ini kondusif.

"Kondisinya kondusif. Kita semua turun langsung, ada Kapolda, Dandim bahkan Pangdam XIV Hasanuddin juga turun," ujar Gubernur Sultra Ali Mazi, Senin (10/6/2019).

Ada 87 rumah yang terbakar akibat bentrokan kelompok Desa Gunung Jaya dengan Desa Sampoabalo. Saat ini ada sekitar 1.000 warga Desa Gunung Jaya yang mengungsi di sejumlah lokasi.





"Mulai hari ini kita sudah bangun (rumah yang terbakar)," ujarnya.

Dia memastikan kebutuhan logistik, termasuk makanan, akan tercukupi.





Bentrokan di Buton mulanya terjadi pada Selasa (4/6) saat malam takbiran. Warga Desa Gunung Jaya merasa terganggu oleh konvoi warga Desa Sampuabalo, yang berkonvoi dengan motor berknalpot racing.

Keesokan harinya, sekitar pukul 13.00 Wita, Rabu (5/6), warga Desa Sampuabalo yang melintas dipanah oleh warga Desa Gunung Jaya. Akibatnya, warga Sampuabalo melakukan penyerangan ke Desa Gunung Jaya.



Simak juga video Pascabentrok di Buton, TNI-Polri Lakukan Aksi Bersih-bersih:

[Gambas:Video 20detik]


(fdn/fdn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed