Balik dari Solo ke Jakarta, Iyank Terjebak Macet Panjang di Tol Cipali

Matius Alfons - detikNews
Minggu, 09 Jun 2019 23:44 WIB
Macet di Tol Cikopo-Palimanan (Foto: Matius Alfons/detikcom)
Purwakarta - Salah satu warga yang hendak ke Jakarta, Iyank Zona Bramastian, mengatakan dirinya terjebak macet panjang di Tol Cikopo-Palimanan. Iyank, yang berangkat dari Solo menuju Jakarta ini mengatakan lalu lintas awalnya lancar, namun mulai macet di ruas Tol Cipali.

"Dari tol Ungaran sampai ke Pekalongan lancar lancar aja sih tadi, cuma tadi sempet padat merayap di Salatiga, terus lancar lagi, tapi ini tiba tiba tersendat di Cikopo-Palimanan," ucap Iyank saat bercerita kepada detikcom, sekitar pukul 22.30 WIB, Minggu (9/6/2019).



Dia mengatakan berangkat dari Solo, Jawa Tengah menggunakan bus pada pukul 13.30 WIB. Hingga pukul 22.30 WIB, dirinya baru tiba di Tol Cikopo-Palimanan KM 97.

"Banyak tersendatnya ini, saya posisi macet itu di KM 97, saya sekarang KM 93, jalan sih ini di Cikopo Palimanan sekitar 5km per jam, 3 km ini kira-kira satu jam setengah," ucap Iyank.

Iyank menyebut mudik kali ini pengalaman pertamanya. Meski begitu, dirinya tidak mengira akan mengalami macet seperti ini.

"Lagi mudik merantau ini saya, ya menurut saya parah sih, selama ini pulang Solo naik bus, ternyata ngerasain ini. Biasa naik dari Solo ke Jakarta itu 12 jam, ini dari 13.30 WIB sampai 22.30 WIB masih di Cikopo-Palimanan," ujarnya.



Dia berharap lalu lintas tol bisa lebih lancar karena besok harus masuk kerja. Selain itu, dia juga berharap adanya rekayasa one way hingga Cawang, Jakarta Timur.

"Harapannya nggak telat masuk kantor besok," jelasnya.

Kepolisian sendiri telah memberlakukan sistem satu arah atau one way yang dimulai Jumat (7/6) hingga Senin (10/6) pada pukul 12.00 hingga 24.00 WIB. Titik penerapannya dimulai dari Km 414 Kalikangkung hingga Km 70 Cikampek Utama.

Selepas GT Cikampek Utama, kepolisian menerapkan sistem contraflow ke arah Jakarta. Arus kendaraan dari arah Jakarta dikeluarkan lewat Karawang Barat Km 47, Karawang Timur Km 54, dan Dawuan Km 67.

Bagaimana perjalanan arus balik Anda tahun 2019 ini? Ceritakan pengalaman dan foto Anda dengan mengirim e-mail ke redaksi@detik.com. Pengalaman Anda bisa jadi berguna bagi pembaca detikcom lainnya. Jangan lupa sertakan nomor seluler Anda agar bisa kami hubungi! (maa/haf)