Kendaraan Gunakan Bahu Jalan Hindari Macet di Tol Palimanan ke Cikampek

Indra Komara - detikNews
Minggu, 09 Jun 2019 20:50 WIB
Macet di Tol Palimanan arah Cikampek (Foto: Indra Komara/detikcom)
Palimanan - Tol Palimanan menuju arah Cikampek mengalami kepadatan malam ini mulai KM 95. Kendaraan pun terlihat menggunakan baju jalan untuk melintas menghindari macet.

Pantauan detikcom, Minggu (9/6/2019), awalnya selepas Gerbang Tol Palimanan di KM 188, lalu lintas terlihat lancar. Sistem satu arah yang diberlakukan sejak pagi tadi tak menimbulkan kepadatan di ruas tol ini.

Kendaraan terpantau ramai lancar hingga memasuki KM 101. Jumlah kendaraan terlihat ramai tapi tidak tersendat. Mobil-mobil masih bisa melaju lancar.



Namun ketika memasuki KM 95 pukul 20.27 WIB, laju kendaraan melambat. Mobil tersendat. Laju kendaraan yang semula bisa dipacu hingga kecepatan 70 km per jam, kini hanya bisa berjalan dengan kecepatan kurang dari 30 km per jam.

Sebelumnya, Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengimbau agar pengendara tak terlalu lama berhenti di rest area selama arus balik. Dia minta rest area hanya dijadikan pemberhentian darurat agar tak terjadi kemacetan di ruas tol arah Jakarta.



"Saya sudah kompak dengan Kakorlantas untuk menyampaikan bahwa rest area pada waktu-waktu tertentu itu jangan dianggap kita harus ke sana. Justru untuk suatu manajemen lalu lintas, rest area itu bisa dibayangkan sebagai emergency saja," kata Budi usai meninjau rest area KM 597 ruas Tol Ngawi-Kertosono, Jatim, Sabtu (8/6).

Bagaimana perjalanan arus balik Anda tahun 2019 ini? Ceritakan pengalaman dan foto Anda dengan mengirim e-mail ke redaksi@detik.com. Pengalaman Anda bisa jadi berguna bagi pembaca detikcom lainnya. Jangan lupa sertakan nomor seluler Anda agar bisa kami hubungi!

(idn/haf)