detikNews
Minggu 09 Juni 2019, 20:15 WIB

Puncak Arus Balik, ASDP Merak Optimalkan 7 Dermaga dan 64 Kapal

Muhammad Iqbal - detikNews
Puncak Arus Balik, ASDP Merak Optimalkan 7 Dermaga dan 64 Kapal Suasana di area Pelabuhan Merak, Minggu (9/6/2019) Foto: Muhammad Iqbal-detikcom
Cilegon - Menghadapi puncak arus balik Lebaran 2019, PT ASDP mengoptimalkan 7 dermaga di Pelabuhan Merak, Banten. Tiga dermaga dikhususkan hanya untuk bongkar muatan.

Optimalisasi 7 dermaga mengingat puncak arus balik dari Sumatera ke Jawa via Pelabuhan Merak diprediksi terjadi malam ini Minggu (9/6) hingga dini hari nanti. Karena itu, 3 dari 7 dermaga dikhususkan untuk bongkar muatan kapal.

"Kita prediksikan puncak arus balik terjadi hari ini dan puncak selain kemarin," kata GM PT ASDP Indonesia Ferry Cabang Merak, Solikin kepada wartawan, Minggu (9/6/2019).





Puncak arus balik di Pelabuhan Merak sudah terjadi pada Sabtu (8/6) hingga Minggu pukul 08.00 WIB. Guna melayani pemudik yang kembali ke perantauan, pengwlola pelabugan juga mengoperasikan 64 kapal agar kepadatan yang terjadi di Pelabuhan Bakauheni, Lampung dapat terurai.


Suasana di area Pelabuhan Merak, Minggu (9/6/2019)Suasana di area Pelabuhan Merak, Minggu (9/6/2019) Foto: Muhammad Iqbal-detikcom



Sementara, kondisi di Pelabuhan Merak ramai pemudik sejak pagi tadi. Pemudik dengan berbagai tipe penumpang mulai dari kendaraan roda empat, roda dua, dan pejalan kaki memenuhi area pelabuhan.




Kendaraan roda empat yang turun dari kapal langsung mengarah ke gerbang tol Merak untuk melanjutkan perjalanan ke arah Tangerang-Jakarta. Sementara pemudik sepeda motor melaju ke jalan arteri. Pemudik pejalan kaki berduyun-duyun menuju ke Terminal Merak yang berjarak sekitar 500 meter.
(fdn/fdn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com