detikNews
Minggu 09 Juni 2019, 18:27 WIB

Arus Balik, 15.784 Penumpang Tiba di Terminal Kampung Rambutan Hari Ini

Rolando Fransiscus Sihombing - detikNews
Arus Balik, 15.784 Penumpang Tiba di Terminal Kampung Rambutan Hari Ini Kepala Satuan Pelaksana Terminal Kampung Rambutan Thofik Winanto. (Foto: Rolando/detikcom)
Jakarta - Sebanyak 15.784 pemudik arus balik tiba di Terminal Kampung Rambutan, Jakarta Timur, hari ini. Pemudik diperkirakan akan terus berdatangan hingga malam.

"Untuk situasi update terakhir di Terminal Kampung Rambutan, yang tiba itu sudah mencapai angka 15.784 dari mulai pukul 00.00 Wib sampai dengan pukul 17.00 WIB," kata Kepala Satuan Pelaksana Terminal Kampung Rambutan Thofik Winanto di Terminal Kampung Rambutan, Jakarta Timur, Minggu (9/6/2019).


Thofik mengatakan ada sedikit kendala keterlambatan para pemudik di jalan. Namun dia memprediksi hingga malam nanti pemudik yang kembali akan mencapai angka 20 ribu.

"Kita prediksikan sampai kemarin secara berangsur-angsur mungkin ada kendala di jalan sedikit keterlambatan, akan tetapi kami terus mengantisipasi dengan adanya sesuatu lonjakan arus balik nanti. Dan untuk angkanya kita prediksikan bisa mencapai sekitar 20 ribu penumpang," ujarnya.


Selain itu, menurut Thofik, puncak arus balik di Terminal Kampung Rambutan sudah terjadi sejak Sabtu (8/6) kemarin dan hari ini.

"Adapun sampai kemarin itu jumlah total pemudik yang kembali ke Jakarta untuk arus balik itu puncaknya diprediksi pada hari ini dan kemarin," tuturnya.

Hati-hati Tawaran Jasa Angkutan

Thofik juga mengimbau penumpang yang tiba berhati-hati terhadap tawaran jasa angkutan menuju ke rumah masing-masing. Apalagi, kepada orang yang tidak dikenal.

"Imbauan untuk para pemudik yang sudah kembali ke Jakarta kami sampaikan yang pertama hati-hati jangan mudah percaya mendapatkan tawaran fasilitas untuk jasa angkutan ke kembali ke rumah masing-masing. Jadi kalau baru dikenal jangan mudah dipercaya," kata Thofik.

Penumpang juga diminta jangan khawatir tidak mendapatkan angkutan umum untuk melanjutkan perjalanan ke rumah masing-masing. Karena, Pemprov DKI Jakarta telah menyiagakan bus TranskJakarta hingga angkot.

"Jangan khawatir untuk pemudik yang sudah tiba di Jakarta pada malam hari maupun dini hari karena kami Pemerintah Provinsi DKI Jakarta berkoordinasi dengan pihak operator TransJakarta maupun angkutan reguler itu ada yang terdiri dari angkutan bus besar Mayasari, bus sedang kopaja, dan angkot," ujarnya.

Untuk bus TransJakarta dari Terminal Kampung Rambutan, dikatakan Thofik, telah tersedia 93 kendaraan. Bus TransJakarta tetap melayani penumpang khususnya yang mengarah ke halte Harmoni Hingga dini hari.

"Untuk keterkaitan dengan TransJakarta sendiri itu menyediakan atau mengoperasikan angkutan itu 9 trayek terdiri dari 93 kendaraan. Untuk dini harinya pukul 00.00-05.00 WIB itu prioritas mengarah ke Harmoni itu terdiri dari 5-10 kendaraan," ujarnya.



Kemenhub Minta Pemudik Tertib Berkendara di Arus Balik Lebaran:

[Gambas:Video 20detik]


(idh/idh)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed