detikNews
Minggu 09 Juni 2019, 17:17 WIB

Pantauan Arus Balik, Km 70 Tol Cikampek Padat

Matius Alfons - detikNews
Pantauan Arus Balik, Km 70 Tol Cikampek Padat Kakorlantas Irjen Refdi Andri memantau puncak arus balik di beberapa titik via udara. (Foto: Alfons/detikcom)
Purwakarta - Kepala Korlantas Polri Irjen Refdi Andri menyebut terjadi kepadatan kendaraan arus balik di Km 70 Tol Cikampek dan jalur arteri non-tol. Kepadatan terlihat dari pantauan udara.

"Memang kepadatan itu terjadi baik jelang masuk di gerbang tol Km 70. Demikian juga pergerakan-pergerakan yang kita alihkan baik ke luarnya dari Cikarang Barat, demikian juga yang keluar dari Cibitung menuju Pantura," ujar Refdi di Pos Pemantauan Cikopo, Purwakarta, Minggu (9/6/2019)

Korlantas bersama pihak terkait sudah menyiapkan antisipasi kepadatan puncak arus balik. Dari penerapan satu arah (one way) hingga contraflow.

"Kepadatan terjadi dan bertemu antara pergerakan dari Jateng Semarang sana, demikian juga dari Jakarta. Kalau dilihat dari udara ada ketidakseimbangan pergerakan itu," kata Refdi.


Menurut Refdi hingga sore ini baru ada 50-60 persen kendaraan yang kembali ke Jakarta. Karena itu, arus balik diprediksi masih berlangsung hingga tanggal 12 Juni 2019.

"Kita lihat keseimbangan yang sudah masuk Jakarta dan yang balik pada saat itu. Belum ada capai 60% masuk Jakarta ini ya, saya kira waktu satu-dua hari ini akan ada perpanjangan (arus) balik nantinya setidaknya tanggal 11 dan 12 (Juni)," sebut Refdi.


Kemenhub Minta Pemudik Tertib Berkendara di Arus Balik Lebaran:

[Gambas:Video 20detik]


(maa/fdn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com