detikNews
Minggu 09 Juni 2019, 13:59 WIB

H+4 Lebaran, 125 Ribu Kendaraan Melintas di Tol Tangerang-Merak

M Iqbal - detikNews
H+4 Lebaran, 125 Ribu Kendaraan Melintas di Tol Tangerang-Merak Kendaraan yang akan memasuki Tol Tangerang-Merak. (Foto: M Iqbal/detikcom)
Cilegon - Memasuki H+4 Lebaran 2019, arus balik di Tol Tangerang-Merak terpantau ramai. Tercatat sebanyak 125.590 kendaraan telah memasuki Tol Tangerang-Merak.

Peningkatan volume kendaraan di Tol Tangerang-Merak itu sudah terjadi sejak Sabtu (8/6) kemarin. Terutama yang melintas dari Gerbang Tol (GT) Merak hingga Cikupa.

Di GT Merak, misalnya. Pengelola Tol Tangerang-Merak Astra Infra Toll Road Tangerang-Merak mencatat jumlah kendaraan yang masuk dari Pelabuhan Merak mencapai 18.220 kendaraan. Angka tersebut meningkat 8,68% dibanding pada periode yang sama tahun lalu.


Untuk mengantisipasi penumpukan kendaraan di Tol Tangerang-Merak, Astra Infra Toll Road Tangerang-Merak telah mengoptimalkan pengoperasian gardu tol. Selain itu, pengumpul tol dan petugas keamanan dioptimalkan untuk melayani arus balik di Tol Tangerang-Merak.

"Astra tol Tangerang-Merak mengoptimalkan jumlah pengoperasian 95 gardu yang berada di 10 gerbang, juga termasuk 9 mobile reader yang difungsikan dengan sistem jemput kendaraan," kata Kepala Divisi Hukum dan Humas PT Astra Infra Toll Road, Indah Permanasari dalam keterangan tertulis, Minggu (9/6/2019).

Indrah mengatakan pihaknya memprediksi 160 ribu kendaraan akan melintas hingga puncak arus balik pada Minggu (9/6) hari ini. Mengingat hari ini merupakan hari terakhir libur Lebaran.

"Diprediksi akan ada 160 ribu kendaraan yang akan melintas di Tol Tangerang-Merak pada puncak arus balik hari ini H+3 atau hari Minggu, 9 Juni 2019. Pengguna jalan tetap diimbau untuk terus tertib berkendara dan pastikan saldo uang elektronik cukup bertransaksi," pungkasnya.



Simak Juga "Buat Pemudik, Menhub Sarankan Kembali ke Jakarta di Atas 9 Juni":

[Gambas:Video 20detik]


(bal/mae)


Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com