detikNews
Minggu 09 Juni 2019, 09:59 WIB

Menhub Minta Jajarannya Respons Cepat Gejala Lonjakan Kendaraan ke Jakarta

Indra Komara - detikNews
Menhub Minta Jajarannya Respons Cepat Gejala Lonjakan Kendaraan ke Jakarta Menhub Budi Karya (Foto: Jefrie/detikcom)
Kalikangkung - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi memprediksi puncak arus balik terjadi hari ini. Dia berharap petugas di lapangan bisa bergerak cepat melakukan antisipasi lonjakan jumlah kendaraan yang menuju Jakarta.

"Yang ingin saya sampaikan adalah hari ini mungkin puncak balik. Saya mengharapkan seluruh jajaran memberi respons cepat terhadap semua gejala yang akan timbul," kata Budi saat memberikan arahan di Pos Terpadu GT Kalikangkung, Jawa Tengah, Minggu (9/6/2019).


Budi memperkirakan lonjakan jumlah kendaraan akan terjadi, terutama di Tol Banyumanik. Sebab, Tol Banyumanik merupakan jalan pilihan pemudik yang akan balik dari Solo dan Yogyakarta menuju Jakarta.

"Jadi respons apa yang di Banyumanik bisa dijadikan pelajaran," katanya.

Menurut Budi Karya, strategi pemberlakuan one way sepanjang 410 km dinilai efektif mengurai kendaraan. Karena itu, dia berharap jajaran di lapangan bisa menjaga kelancaran sistem satu arah itu saat diterapkan.

"Ini satu upaya kita untuk beri layanan yang baik, jadi ini satu solusi rekayasa lalin yang sudah dipikirkan matang oleh Kakorlantas dan teman-teman. Saya berpesan agar hal yang bisa membuat 410 km berjalan baik, harus kita kawal berkaitan dengan rest area, keluar-masuk kota," jelasnya.


Sementara itu, Dirlantas Polda Jateng Kombes Rudi Antariksawa menambahkan, penerapan sistem satu arah atau one way akan kembali dilakukan apabila volume kendaraan terus pada. Dia juga memperkirakan puncak arus balik terjadi hari ini.

"Kalau ada lonjakan, kita one way lagi dari Bawen-Banyumanik, sehingga bisa terkurang menuju Jakarta. Kita prediksi hari ini puncaknya karena sudah masuk aktivitas," kata Rudi.
(idn/mae)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed