detikNews
Sabtu 08 Juni 2019, 13:00 WIB

Evaluasi Kepadatan di Tol Cikampek Arah Jakarta, Polisi Rekayasa One Way

Matius Alfons - detikNews
Evaluasi Kepadatan di Tol Cikampek Arah Jakarta, Polisi Rekayasa One Way Kakorlantas Polri Irjen Refdi Andri (Isal/detikcom)
Jakarta - Korlantas Polri melakukan evaluasi terhadap kepadatan lalu lintas di Tol Cikampek arah Jakarta hingga H+2 arus balik Lebaran 2019. Mulai H+3 Lebaran, Korlantas Polri menyiapkan rekayasa sistem satu arah atau one way dan manajemen rest area di Tol Cikampek arah Jakarta.

Kepala Korlantas Polri Irjen Refdi Andri mengatakan, dari evaluasi arus balik pada Jumat (7/6), terpantau kepadatan kendaraan mulai terjadi pada malam hari.

"Kepadatan (lalu lintas) semalam cenderung meningkat pada saat setelah Magrib hingga pukul 20.00 WIB dan 22.00 WIB. Kemudian kepadatan bisa kita urai sampai 23.00 dan 24.00 WIB, setelah itu kembali normal," kata Refdi setelah melakukan rapat evaluasi di Pos Jasa Marga Gerbang Tol Cikampek Utama, Cikampek, Sabtu (8/6/2019).

Evaluasi dilakukan bersama Dirjen Perhubungan Darat Budi Setiyadi, Dirut Jasa Marga Desi Arryani, dan beberapa pengelola rest area.

Mengantisipasi kepadatan, Korlantas Polri akan memberlakukan sistem sistem one way dengan mengacu laporan dari petugas di lapangan. Selain itu, manajemen rest area di Tol Cikampek arah Jakarta akan dilakukan.

"Optimalkan orang per orang di lapangan, bagaimana konsep rencana kita pemberlakuan one way pukul 12.00 WIB sampai 24.00 WIB, jawabannya keberadaan personel, kelengkapan perorangan, dan manajemen rest area," ucap Refdi.

Terkait manajemen rest area, Refdi berharap masyarakat mempersiapkan diri di rest area yang berada di antara Km 414 hingga Km 70 sebelum memasuki Tol Cikampek.

"Masyarakat bisa nikmati sepanjang pergerakan, khususnya perjalanan dari Km 414 sampai Km 70 Cikampek Utama karena di sana semua tersedia, dari makanan, BBM, top up kartu elektronik tersedia, bisa ke toilet. Sudah kita optimalkan, bagaimana rest area siapkan orang-orangnya di pintu masuk dan keluar dan penyampaian pesan-pesan di rest area sehingga masyarakat yang di rest area bisa disiapkan segala sesuatu lebih baik untuk perjalanan mereka semua," ucap Refdi.


Kepolisian sebelumnya memberlakukan sistem satu arah atau one way yang dimulai Jumat (7/6) pukul 12.00 hingga 24.00 WIB. Titik penerapannya dimulai dari Km 414 Kalikangkung hingga Km 70 Cikampek Utama.

Sistem one way itu bakal diberlakukan hingga hingga Senin (10/6) pada jam yang sama tiap harinya. Namun penerapannya juga memperhatikan kondisi di lapangan.

Selepas GT Cikampek Utama, kepolisian menerapkan sistem contraflow ke arah Jakarta. Arus kendaraan dari arah Jakarta dikeluarkan lewat Karawang Barat Km 47, Karawang Timur Km 54, dan Dawuan Km 67.
(nvl/nvl)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com