detikNews
Jumat 07 Juni 2019, 13:32 WIB

Gubernur Sultra Janji Bangun Rumah Warga Korban Bentrokan di Buton

Sitti Harlina - detikNews
Gubernur Sultra Janji Bangun Rumah Warga Korban Bentrokan di Buton Bentrok warga berujung pembakaran rumah di Buton, Sultra. (Foto: dok. Istimewa)
Kendari - Gubernur Sulawesi Tenggara (Sultra) Ali Mazi bakal meninjau langsung lokasi bentrokan warga di Kabupaten Buton. Ali Mazi berjanji membangun kembali rumah warga yang dibakar dalam bentrok kelompok dua desa.

Ali Mazi mengaku sudah mengarahkan organisasi perangkat daerah (OPD) untuk membentuk tim guna menginventarisasi kerusakan rumah warga yang terbakar.

"Kami kebetulan ada bantuan untuk pembangunan rumah di desa-desa, sehingga kami bentuk tim khusus untuk menangani masalah ini," kata Ali Mazi, Kamis (6/6/2019).




Tim penanganan pascabentrok melibatkan Dinas Sosial, BPBD, serta Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

"Jangan takut tidak punya tanggung jawab. Sebagai gubernur, saya akan membantu," sambungnya.

Kondisi Gunung Jaya, Buton, Sultra, kondusif pascabentrokan warga. Bentrokan dengan warga Desa Sampuabalo membuat 87 rumah di Gunung Jaya hangus terbakar.

Bentrokan mulanya terjadi pada Selasa (4/6) saat malam takbiran. Warga Desa Gunung Jaya merasa terganggu oleh konvoi warga Desa Sampuabalo, yang berkonvoi dengan motor berknalpot racing.





Keesokan harinya, sekitar pukul 13.00 Wita, Rabu (5/6), warga Desa Sampuabalo yang melintas dipanah oleh warga Desa Gunung Jaya.

"Akhirnya warga Desa Sampuabalo ini kembali ke desanya, melaporkan. Selang sekitar 30 menit, ada kurang-lebih seratus warga Sampuabalo melakukan penyerangan ke Desa Gunung Jaya, melakukan pelemparan batu dan pembakaran," terang Kabid Humas Polda Sultra AKBP Harry Goldenhardt.



Simak Juga 'Korban Kerusuhan Buton Bertambah, 2 Tewas dan 8 Luka-luka':

[Gambas:Video 20detik]


(fdn/fdn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed