detikNews
Jumat 07 Juni 2019, 07:48 WIB

Round-Up

Eggi Sudjana Tetap di Rutan Meski Minta Penangguhan

Tim detikcom - detikNews
Eggi Sudjana Tetap di Rutan Meski Minta Penangguhan Eggi Sudjana (Foto: Lamhot Aritonang)
Jakarta - Tersangka kasus dugaan makar, Eggi Sudjana, tetap mendekam di Rutan Polda Metro Jaya. Penyidik memutuskan memperpanjang masa penahanan Eggi karena masih melengkapi berkas perkara.

"Kalau memang belum selesai pemberkasan tentunya diperpanjang 40 hari ke depan," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Argo Yuwono saat dimintai konfirmasi, Kamis (6/6/2019).



Pendukung Prabowo Subianto-Sandiaga Uno itu resmi ditahan sejak Selasa (14/5). Eggi ditahan untuk 20 hari pertama.

Perpanjangan penahanan Eggi Sudjana ini sangat disesalkan oleh pengacaranya, Pitra Romadoni Nasution. Penyidik, menurut Eggi, semestinya memperhatikan kondisi Eggi Sudjana.

"Sangat kecewa sekali diperpanjangnya penahanan Bang Eggi Sudjana. Karena sudah banyak yang menangguhkan Bang Eggi sebagai penjamin antara lain Istri, anak-anak Bang Eggi, beserta keluarga, ada dari Komisi III DPR Bang Sufmi Dasco," ujar pengacara Eggi Sudjana, Pitra Romadoni saat dihubungi, Kamis (6/6/2019).


Lewat penangguhan penahanan, sejumlah pihak disebut Pitra menjaminkan diri bahwa Eggi Sudjana tidak akan melarikan diri. Mereka yang menjadi penjamin penahanan mulai dari Wakil Ketua DPR Fadli Zon hingga anggota Komisi III DPR Sufmi Dasco Ahmad.

"(Kemudian) tidak akan menghilangkan barang bukti, akan selalu kooperatif, syarat penangguhan kan itu. Jadi terhadap perpanjangan ini saya menilai kurang manusiawi terhadap klien kami mengingat faktor usia," imbuh Pitra.



Pernyataan Pitra kemudian diklarifikasi oleh putra Eggi, Hizbullah Ashiddiqi. Hizbullah menegaskan pernyataan Pitra tidak mewakili sikap keluarga.

"Perpanjangan penahanan itu kalau dari kita, dari kami sebagai keluarga dengan penyidik komunikasinya sudah baik, itu kita sudah disampaikan sebelumnya oleh penyidik mengenai perpanjangan penahanannya. Jadi sebelum tanggal 2, kan penahanan itu habis tanggal 2, sebelum penahanan itu diperpanjang tanggal 2 sebelumnya sudah disampaikan ke kami. Jadi tidak ada hal-hal yang membuat kita kaget atau segala macam karena sudah disampaikan sebelumnya. Itu yang perlu saya sampaikan, kalau pun ada kekecewaan dari Pitra ya itu perasaan pribadi dia," kata Hizbullah saat dihubungi, Kamis (6/6/2019).

Hizbullah mengatakan keluarga sudah mengetahui terkait perpanjangan penahanan Eggi. Tetapi Hizbullah meminta penyidik mempertimbangkan permohonan penangguhan penahanan yang sudah diajukan sejak lama.

"Jadi kalau dari keluarga, kami sudah mengetahui. Memang sejak awal kami sudah menduga bahwa proses penahanannya akan diperpanjang. Tapi yang garis bawahi kami saat ini adalah permohonan penangguhan penahanan yang sejak awal sudah diajukan dari pihak keluarga," tutur dia.

"Bahkan sekarang ada tim penjamin dari Pak Fadli Zon juga kemarin dari Pak Dasco yang langsung turun. Kami dari keluarga berterimakasih atas upaya yang dilakukan. Semoga apa yang dilakukan bisa diakomodir oleh penyidik," sambung Hizbullah.

Eggi Sudjana sebelumnya ditetapkan sebagai tersangka kasus dugaan makar dan keonaran. Kasus ini bermula dari pidato Eggi pada Rabu (17/4) di depan kediaman capres 02 Prabowo Subianto di Jalan Kertanegara 4, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. Dalam pidatonya, Eggi menyerukan ajakan people power di hadapan pendukung kubu Prabowo-Sandi.

Akibat perbuatannya ini, Eggi disangkakan dengan Pasal 107 KUHP dan/atau Pasal 110 KUHP juncto Pasal 87 KUHP dan/atau Pasal 14 ayat 1 dan ayat 2 dan/atau Pasal 15 Undang-Undang Nomor 1 Tahun 1946.



Simak Juga 'Surat Eggi Sudjana dari Balik Bui: People Power Sudah Selesai!':

[Gambas:Video 20detik]


(knv/hri)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed