detikNews
Kamis 06 Juni 2019, 12:13 WIB

Berwisata ke Kota Tua, Warga Semringah Naik Sepeda Ontel

Rolando - detikNews
Berwisata ke Kota Tua, Warga Semringah Naik Sepeda Ontel Salah satu pengunjung tampak semringah saat naik sepeda ontel. (Rolando/detikcom)
Jakarta - Memasuki hari kedua Lebaran atau Idul Fitri 1440 H, warga dari berbagai daerah memadati kawasan Kota Tua, Jakarta Barat. Sebagian dari mereka berkumpul di depan Museum Sejarah Jakarta.

Pantauan detikcom di kawasan Kota Tua, Jakarta Barat, Kamis (6/6/2019), warga datang bersama keluarga mereka. Orang tua, remaja, dewasa, hingga anak-anak meramaikan salah satu destinasi favorit di Ibu Kota itu.

Panas terik tidak menghalangi mereka untuk berwisata di daerah sarat sejarah ini. Warga mengenakan topi atau menggunakan payung untuk menghalau teriknya sinar matahari.


Kawasan Kota Tua Ramai, Warga Semringah Naik Sepeda OntelWarga berkumpul dan berfoto di depan Museum Sejarah Jakarta. (Rolando/detikcom)


Lalu lintas kendaraan di sekitar kawasan Kota Tua, seperti Jalan Kunir dan Jalan Kemukus, ramai-lancar. Warga yang datang menggunakan kendaraan pribadi langsung memarkir kendaraan mereka di sebelah sisi utara kawasan Kota Tua.

Para remaja dan anak-anak menikmati sepeda ontel yang disewakan oleh para pedagang. Sepeda ini beraneka warna.

"Ayo, Dik, sepedanya Rp 20 ribu setengah jam," ujar salah seorang penyedia jasa sewa sepeda kepada warga.

Salah seorang warga, Rena (19), asal Subang, Jawa Barat, bersama teman-temannya memang sengaja berwisata ke kawasan Kota Tua. Dia datang sejak pagi menggunakan kereta api.

"Iya, sengaja datang ke sini karena memang tempatnya bagus dan orang-orang sini asyik. Walaupun panas, tetap nyaman di sini," kata Rena.


Keramaian kawasan Kota Tua.Keramaian kawasan Kota Tua (Rolando/detikcom)


Tidak ketinggalan, PKL turut berjualan di sekitar kawasan Kota Tua. Mereka menjual makanan, minuman, hingga mainan anak-anak.

Sebelumnya diberitakan sejumlah tempat wisata di DKI Jakarta, yang sempat tak beroperasi pada hari pertama Lebaran, hari ini sudah dibuka. Lokasi wisata akan mulai dibuka sejak pukul 08.00 WIB hingga 17.00 WIB.

"Hari ini sudah beroperasi kembali, dibuka kembali seluruh tempat rekreasi di Jakarta," kata Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi DKI Jakarta Edy Junaedi saat dihubungi, Kamis (6/6/2019).




Berikut ini tempat wisata yang jam operasionalnya sudah dibuka lagi hari ini:

1. Taman Margasatwa Ragunan
2. Monumen Nasional
3. Museum Sejarah Jakarta
4. Museum Prasasti
5. Museum Joang 45
6. Museum MH. Thamrin
7. Museum Wayang
8. Museum Tekstil
9. Museum Seni Rupa dan Keramik
10. Museum Bahari
11. Museum Taman Arkeologi Onrust
12. Museum Rumah Si Pitung
13. Perkampungan Budaya Betawi Setu Babakan
14. Kawasan Kota Tua
15. Kawasan Taman Ismail Marzuki
16. Anjungan DKI Taman Mini Indonesia Indah
17. Lapangan Banteng
18. Tugu Proklamasi
(zak/zak)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed