detikNews
Kamis 06 Juni 2019, 11:31 WIB

Hari Kedua Lebaran, TPU Jeruk Purut Ramai Didatangi Peziarah

Farih Maulana Sidik - detikNews
Hari Kedua Lebaran, TPU Jeruk Purut Ramai Didatangi Peziarah TPU Jeruk Purut (Farih Maulana Sidik/detikcom)
Jakarta - Berziarah menjadi aktivitas rutin yang dilakukan saat Lebaran tiba. Memasuki hari kedua perayaan Idul Fitri 1440 H ini, Tempat Pemakaman Umum (TPU) Jeruk Purut, Jakarta Selatan, pun ramai dikunjungi peziarah.

Pantauan detikcom, di TPU Jeruk Purut, Cilandak Timur, Pasar Minggu, Jakarta Selatan, Kamis (6/6/2019), ratusan peziarah memenuhi area pemakaman. Mereka berasal dari Jakarta dan sekitarnya.

"Memang ketika Idul Fitri, hari pertama dan kedua selalu banyak pengunjung dari keluarga yang dimakamkan di sini," ujar Koordinator Lapangan TPU Jeruk Purut, Royani, di lokasi.


Hari Kedua Lebaran, TPU Jeruk Purut Ramai Didatangi PeziarahFoto: Farih Maulana Sidik/detikcom


Sambil menjinjing air mawar dan sekantong bunga tabur, para peziarah terus berdatangan. Mereka kebanyakan datang berombongan.

Doa pun dilantunkan dengan khidmat oleh para peziarah di depan pusara. Setelah berdoa, peziarah menaburkan bunga dan air di atas makam.

Ramainya peziarah yang berdatangan ke TPU Jeruk Purut pun membawa keuntungan tersendiri bagi para pedagang. Khususnya pedagang bunga yang berjejer di sudut jalan area TPU Jeruk Purut. Dagangan mereka laku dibeli oleh para peziarah.



Bukan hanya bagi pedagang bunga, ramainya TPU Jeruk Purut juga membawa berkah tersendiri bagi pedagang makanan dan minuman hingga pedagang mainan anak-anak. Pedagang bakpau, Fajar Suharno (44), misalnya.

"Saya dagang musiman saja. Dagang di sini kita mencari laku-laku ya. Kalau habis Lebaran ini kan sudah pasti ramainya di kuburan. Kalau banyak pengunjung, sudah pasti menguntungkan," katanya.
(mae/mae)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed