detikNews
Kamis 06 Juni 2019, 01:32 WIB

KBRI Singapura Rayakan Idul Fitri Bersama Pekerja Migran

Nur Azizah Rizki Astuti - detikNews
KBRI Singapura Rayakan Idul Fitri Bersama Pekerja Migran Idul Fitri 1440 H di KBRI Singapura (Foto: dok. KBRI Singapura)
Jakarta - Sebanyak 3.700 masyarakat Indonesia berkumpul di KBRI Singapura untuk mengikuti salat Idul Fitri 1 Syawal 1440 Hijriah. Salat Id dipimpin oleh diaspora Indonesia di Singapura, Ahmad Dahri, selaku imam dan khatib.

Duta Besar RI untuk Singapura, I Gusti Ngurah Swajaya, menyampaikan Hari Raya Idul Fitri perlu dijadikan momentum bagi semua diaspora Indonesia untuk mempererat tali silaturahmi dan persaudaraan. Momentum Idul Fitri juga untuk menjaga kerukunan dan persahabatan Indonesia-Singapura.


"Idul Fitri perlu dijadikan momentum untuk semua diaspora Indonesia untuk mempererat tali silaturahmi dan persaudaraan kita, menjaga kerukunan, dan bahu-membahu saling membantu, serta memberikan kontribusi positif bagi negara dan bangsa, serta bagi persahabatan Indonesia-Singapura," ujar Ngurah Swajaya dalam keterangan tertulis dari KBRI Singapura, Rabu (5/6/2019).

Idul Fitri 1440 H di KBRI SingapuraIdul Fitri 1440 H di KBRI Singapura Foto: dok. KBRI Singapura

Usai salat Id, Dubes Ngurah menggelar acara open house dan halalbihalal. Tak lupa, makanan khas Indonesia, seperti ketupat sayur dan hidangan lebaran lainnya, juga disiapkan untuk masyarakat yang hadir.

Acara open house dan halalbihalal didahului dengan takbiran bersama pada malam sebelumnya. KBRI Singapura melakukan takbiran bersama sekitar 120 Pekerja Migran Indonesia (PMI) yang kurang beruntung dan tengah ditampung di shelter KBRI.


Pada kesempatan tersebut, Dubes Ngurah membesarkan hati para PMI yang tidak berlebaran bersama keluarga. Ngurah meminta para PMI menganggap KBRI Singapura sebagai keluarga. Ngurah juga menyaksikan pemberian zakat kepada PMI yang dikelola Masjid Istiqamah KBRI Singapura

"Kita semua sama, karena satu alasan dan lainnya kita sama-sama tidak dapat merayakan lebaran bersama keluarga. Tetap merayakan lebaran bersama keluarga besar KBRI Singapura, karena di perantauan, kita semua menjadi keluarga terdekat," tuturnya.
(azr/idn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed