detikNews
Rabu 05 Juni 2019, 16:45 WIB

Korban Banjir Sigi Sulteng Rayakan Lebaran di Tenda Pengungsian

Tim detikcom - detikNews
Korban Banjir Sigi Sulteng Rayakan Lebaran di Tenda Pengungsian Warga korban banjir di kamp pengungsian (Foto: dok. Antara Foto)
Sigi - Lebaran hari pertama, warga Sigi, Sulawesi Tengah, tak seberuntung warga Indonesia di daerah lain. Sebagian dari mereka merayakan Idul Fitri di tenda pengungsian karena rumahnya hancur diterjang banjir.

"Meski dalam kondisi atau suasana yang begini, tetap semangat merayakan Lebaran bersama keluarga dan sahabat di lokasi pengungsian," kata Mirna, warga Desa Tuva, di kamp pengungsian Kecamatan Gumbasa, yang dikutip dari Antara, Rabu (5/6/2019).

Ibu rumah tangga itu menuturkan rumahnya, yang berada di dekat daerah aliran sungai, hancur diterjang banjir bandang beberapa waktu lalu. Kini ia bersama suami dan anak-anak serta cucu terpaksa tinggal sementara di tenda pengungsian yang disediakan oleh pihak-pihak lembaga kemanusiaan yang peduli terhadap bencana alam.



Menurutnya, baru kali ini mereka merasakan tinggal dan merayakan Idul Fitri di tenda. Apa mau dikata, siapa yang bisa mengetahui datangnya bencana alam seperti yang baru saja ia alami bersama keluarga dan beberapa warga Desa Tuva lainnya.

Meski demikian, hal itu sama sekali tidak mengurangi makna Lebaran itu sendiri. "Yang terpenting bagi kami adalah tetap tabah menghadapi semua cobaan dari Tuhan," jelas dia.



Hal senada disampaikan Ririn, korban banjir bandang di Desa Bangga, Kecamatan Dolo Selatan. Di lokasi penampungan pengungsi yang ada di tempat ketinggian masih dalam wilayah Desa Bangga, ia bersama suami dan anak-anak menjalankan sebagian puasa di tenda pengungsi.

"Kami bersyukur masih bisa merayakan Lebaran meski di lokasi pengungsian," ucap Ririn.



Tonton video Warga Korban Banjir Kendari Lebaran di Tenda Pengungsian:

[Gambas:Video 20detik]


(rvk/idh)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed