Ziarah ke Kalibata, SBY Cerita soal Batik Nuansa Hitam Pilihan Ani Yudhoyono

Ziarah ke Kalibata, SBY Cerita soal Batik Nuansa Hitam Pilihan Ani Yudhoyono

Rolando - detikNews
Rabu, 05 Jun 2019 12:12 WIB
SBY dan keluarga berziarah ke makam Ani Yudhoyono di TMP Kalibata. (Jefrie/detikcom)
SBY dan keluarga berziarah ke makam Ani Yudhoyono di TMP Kalibata. (Jefrie/detikcom)
Jakarta - Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dan keluarga berziarah ke makam istrinya, Kristiani Herrawati atau Ani Yudhoyono, di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata. SBY bercerita tentang batik yang dia kenakan.

SBY datang ke TMP Kalibata, Jakarta Selatan, Rabu (5/6/2019). Dia bersama kedua putranya, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dan Edhie Baskoro Yudhoyono alias Ibas, kompak mengenakan baju batik bernuansa cokelat-hitam.


Di lokasi juga terlihat kedua menantu SBY, Annisa Pohan dan Aliya Rajasa, serta cucu-cucunya. Aliya dan Annisa sendiri kompak memakai kebaya warna putih dan jarik warna cokelat-hitam.

SBY kemudian bercerita tentang busana batik yang dia kenakan bersama keluarganya. Menurut SBY, batik tersebut pilihan langsung oleh istrinya sebelum meninggal.

"Ini batik ini yang menyiapkan Ibu, yang memilih warnanya Ibu, kok tiba-tiba ingin nuansa hitam. Dia biasanya nggak pernah, tiap tahun. Dan Ibu bilang, 'Nanti kita pakai di rumah sakit pada saat Lebaran.' Ternyata dipakai Ibu pada saat jenazah itu dibawa dari rumah sakit menuju masjid di KBRI," ujarnya.

SBY dan keluarga di lokasi kemudian memanjatkan doa-doa. Wajah SBY serta AHY dan Ibas tampak sendu saat mengucap doa sambil menatap tanah makam Ani Yudhoyono yang masih merah. SBY dan keluarga kemudian melakukan tabur bunga sebelum beranjak meninggalkan lokasi.


"Di Singapura, di Botanical Garden, ada nama anggrek yang mengabadikan nama Ibu Ani, Kristiani Herrawati Yudhoyono, karena memang sangat menyenangi anggrek. Ini juga kami secara simbolis. Kami letakkan di pusara Ibu Ani, almarhumah," ujar SBY.

SBY dan keluarga ziarah ke makam Ani Yudhoyono di TMP KalibataSBY dan keluarga berziarah ke makam Ani Yudhoyono di TMP Kalibata. (Jefrie/detikcom)

Ani Yudhoyono meninggal dunia pada Sabtu (1/6) di National University Hospital, Singapura, akibat kanker darah. Jenazahnya dimakamkan di TMP Kalibata keesokan harinya, Minggu (2/6).



Tonton video Ani Yudhoyono akan Dimakamkan Dekat Ainun Habibie:

[Gambas:Video 20detik]

(hri/mae)