detikNews
Rabu 05 Juni 2019, 10:06 WIB

Ziarah ke Makam Ainun di TMP Kalibata, BJ Habibie Khusyuk Berdoa

Rolando - detikNews
Ziarah ke Makam Ainun di TMP Kalibata, BJ Habibie Khusyuk Berdoa Habibie ziarah ke Makam Ainun di TMP Kalibata Foto: Jefrie/detikcom
Jakarta - Presiden ke-3 RI Bacharuddin Jusuf (BJ) Habibie di hari pertama Idul Fitri ziarah ke makam istrinya Hasri Ainun Besari. Habibie khusyuk memanjatkan doa-doa.

Pantauan detikcom, Habibie tiba di Kompleks Taman Makam Pahlawan (TMP) Utama Kalibata, Jakarta Selatan, Rabu (5/6/2019) pukul 09.27 WIB. Habibie mengenakan setelan jas warna hitam dan peci berwarna senada.


Dipapah Paspampres dan seorang cucunya, Habibie melangkah menuju makam istrinya. Dia datang ziarah bersama putranya Ilham Akbar Habibie serta beberapa cucunya.

Habibie ke Makam Ainun di TMP KalibataHabibie ke Makam Ainun di TMP Kalibata Foto: Rolando/detikcom

Sejumlah warga sempat mendekat berupaya mengajak Habibie berfoto serta bersalaman. Namun Habibie menolak halus karena ingin ziarah terlebih dahulu. "Nanti ya," ujarnya seraya tersenyum.

Habibie kemudian duduk di samping pusara istrinya. Dia mengenakan kalung tasbih warna cokelat di lehernya dan satu lagi, tasbih warna hitam, ditaruh di batu nisan makam istrinya.


Habibie dan keluarga kemudian khusyuk memanjatkan doa-doa. Habibie dikenal sebagai sosok yang sangat mencintai istrinya Ainun yang meninggal dunia di M√ľnchen, Jerman, 22 Mei 2010 di usia 72 tahun. Kisah cinta keduanya bahkan diabadikan dalam film 'Habibie & Ainun'.

Makam Ainun berdekatan dengan makam istri Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), Ani Yudhoyono. Ani baru saja meninggal pada Sabtu (1/6) lalu di National University Hospital Singapura akibat kanker darah. Rencananya hari ini SBY dan keluarga besarnya juga akan datang ziarah.



Tonton video Ani Yudhoyono akan Dimakamkan Dekat Ainun Habibie:

[Gambas:Video 20detik]


(hri/hri)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed