detikNews
Rabu 05 Juni 2019, 09:19 WIB

Cerita Haru AHY Lebaran Pertama Tanpa Ani Yudhoyono: Kami Merindukan Ibu

Jefrie Nandy Satria - detikNews
Cerita Haru AHY Lebaran Pertama Tanpa Ani Yudhoyono: Kami Merindukan Ibu Momen saat AHY menangis saat pemakaman ibunda Ani Yudhoyono Foto: Rengga Sancaya
FOKUS BERITA: Ani Yudhoyono Wafat
Bogor - Keluarga besar Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) hari ini menjalani Idul Fitri tanpa sosok Ani Yudhoyono yang meninggal dunia pada Sabtu (1/6) lalu akibat kanker darah. Keluarga besar SBY sedang mencoba menata hati kembali.

"Tentunya ini adalah Idul Fitri pertama keluarga Yudhoyono tidak lengkap," kata putra pertama SBY, Agus Harimurti Yudhoyo (AHY) kepada wartawan usai melaksanakan Salat Id di Masjid Al Istiqomah, Cikeas, Gunung Putri, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Rabu (5/6/2019).


AHY cerita, salat Id kali ini mereka pun tidak lengkap. Selain tidak ada Bu Ani, SBY juga dalam kondisi kurang sehat karena beberapa bulan belakangan energinya terkuras mengurus istri dirawat di rumah sakit hingga ke peristirahatan terakhir.

AHY saat jumpa pers di Masjid Al Istiqomah CikeasAHY saat jumpa pers di Masjid Al Istiqomah Cikeas Foto: Jefry/detikcom

SBY sebenarnya sempat memaksakan diri ingin Salat Id, namun akhirnya menuruti saran dokter agar beristirahat. AHY akhirnya Salat Id bersama istrinya Annisa Pohan serta putri pertama mereka Almira Tunggadewi Yudhoyono. Turut pula putra kedua SBY, Edhie Baskoro Yudhoyono alias Ibas yang didampingi putranya Airlangga Satriadhi Yudhoyono.

"Pak SBY sebetulnya tadi sudah siap. Tapi dari tim dokter menyarankan sekali karena sangat kelelahan dan kurang sehatnya, Pak SBY diminta untuk istirahat sejenak di kediaman. Tapi tentunya tidak mengurangi rasa syukur beliau, bahwa beliau juga dengan harapan melalui masa-masa sulit ini beliau juga tetap sehat," kata AHY.

AHY mengaku sangat rindu dengan ibundanya. Dia mengingat ada banyak momen-momen yang biasa mereka lakukan bersama Ani Yudhoyono setiap merayakan Idul Fitri.


"Saya ingat sekali setiap saat bersama keluarga setelah salat Idul Fitri bersama-sama. Kemudian makan ketupat bareng-bareng, opor, masakan kesukaan kami. Kemudian juga ada acara tradisi sungkeman di mana kami bergantian pada bapak ibu dan sesama anggota keluarga, baru biasanya kami biasanya open house atau pun berkunjung silaturahim halalbihalal dengan saudara-saudara lainnya, keluarga besar kami lainnya dan juga kerabat," ujar AHY.

"Tetapi kalu ini berbeda. Tentu mohon maaf dan mohon dimaklumi kami tidak ada open house karena sekali lagi kami sekeluarga masih dalam rasa duka yang dalam sehingga kami terima kasih atas segala doa dan niat silaturahim dari para sahabat, kerabat," sambungnya.

Ditambahkan AHY, rencananya keluarga besar Yudhoyono akan ziarah ke makam Ani Yudhoyono di TMP Kalibata, Jakarta Selatan, sekitar pukul 10.00 WIB. Dia mengatakan, jika memungkinkan SBY akan ikut.

"Kami merindukan Ibu Ani dan tentunya di hari yang fitri ini mudah-mudahan walaupun tidak bisa melakukan tradisi yang biasanya setiap tahun kami lakukan," katanya.

AHY juga memohon doa dari masyarakat. Keluarga besarnya sedang berupaya menata hati sepeninggal Ani Yudhoyono.

"Insyallah healing proses ini bisa kita lalui dengan baik, sehingga kami sekeluarga bisa tetap tegar, terus menatap ke depan. Karena Ibu Ani, almarhumah juga senantiasa berpesan bahwa, lalui semua tantangan, ujian, dan cobaan dengan tegar, dengan baik, dan Insyallah semua itu pasti ada hikmah dan barokahnya untuk kita," ucapnya.



Tonton video Usai Wafatnya Ibu Ani, Keluarga akan Kumpul Temani SBY Lebih Lama:

[Gambas:Video 20detik]


(hri/haf)
FOKUS BERITA: Ani Yudhoyono Wafat
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com