detikNews
Selasa 04 Juni 2019, 19:10 WIB

Din Syamsuddin Jadi Khatib Salat Idul Fitri di Al-Azhar

Kanavino Ahmad Rizqo - detikNews
Din Syamsuddin Jadi Khatib Salat Idul Fitri di Al-Azhar Din Syamsuddin (Grandyos Zafna/detikcom)
Jakarta - Pengurus Masjid Al-Azhar, Jakarta Selatan, menunjuk mantan Ketua Umum PP Muhammadiyah Din Syamsuddin menjadi khatib salat Idul Fitri. Din akan menyampaikan khotbah tentang Indonesia Maju.

"Judul khotbah besok 'Menjadi Khairu Ummah untuk Indonesia Maju, Adil Bermarwah' oleh Prof Dr M Din Syamsuddin," kata pengurus Takmir Masjid Agung Al-Azhar, Zainul Arifin, Selasa (4/6/2019).



Sedangkan Bukhari Muslim akan bertindak sebagai imam salat. Salat rencananya digelar di lapangan Masjid Agung Al-Azhar, Jalan Sisimangaraja, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Rabu (5/6) pukul 07.00 WIB.

Zainul memperkirakan puluhan ribu orang bakal menunaikan salat di masjid Al-Azhar. "Kalau Idul Fitri jumlah jemaah sekitar 20 ribu, bahkan pernah 30 ribu," ujar dia.



Kementerian Agama menetapkan 1 Syawal 1440 Hijriah atau Idul Fitri jatuh pada Rabu, 5 Juni 2019. Penetapan itu berdasarkan sidang isbat dan laporan pemantauan hilal yang dilakukan pada Senin (3/6).

"Sebagaimana ketentuan, sebagaimana kaidah yang berlaku. Ketika hal itu terjadi, bulan Ramadhan tahun ini digenapkan menjadi 30 hari. Itu artinya besok hari Selasa kita masih berpuasa karena masih Ramadhan. Dengan demikian, 1 Syawal 1440 H jatuh pada hari Rabu, tanggal 5 Juni 2019," ujar Menag Lukman Hakim Saifuddin di kantor Kemenag, Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat.
(knv/fdn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed