detikNews
Selasa 04 Juni 2019, 14:56 WIB

JK soal Bom Kartasura: Semua Teror Pasti Diberantas

Noval Dhwinuari Antony - detikNews
JK soal Bom Kartasura: Semua Teror Pasti Diberantas Wapres Jusuf Kalla (Noval/detikcom)
Jakarta - Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) menegaskan upaya penindakan terhadap aksi teror, termasuk upaya bom bunuh diri di Pos Polisi Kartasura, Sukoharjo, Jawa Tengah.

"Semua yang berbentuk teror tentu pasti pemerintah akan memberantasnya. Memang karena polisi yang di depan, polisilah yang selalu menjadi juga tempat terdepan untuk mereka mengambil balasan gitu, membuat balasan. Tapi itu tugas polisi dan kita terima kasih kepada kepolisian yang telah berbuat sangat banyak untuk itu," ujar JK di kediaman dinasnya, Jl Diponegoro, Jakarta Pusat, Selasa (4/6/2019).

JK menyebut upaya bom bunuh diri muncul dari pemahaman atau ideologi yang salah. Tapi masyarakat tidak akan banyak terpengaruh oleh ledakan bom Kartasura.





"Orang boleh berideologi keras, tapi tindakannya tidak dalam bentuk seperti itu. Masyarakat tetap pada waktunya itu memahami itu dan saya yakin masyarakat tidak terpengaruh," katanya.

Polisi sebelumnya menjelaskan Rofik Asharuddin, pelaku upaya bom bunuh diri di Pos Polisi Kartasura, Sukoharjo, beraksi sendiri alias lone wolf. Polisi belum menemukan keterkaitan pelaku dengan teroris yang sudah ditangkap sebelumnya.

Bom yang diletakkan di pinggang pelaku, menurut polisi, berdaya ledak rendah atau low explosive. Kesimpulan itu didapat dari serbuk pipa yang ditemukan pada tubuh pelaku dan hasil penggeledahan di rumah orang tua pelaku.





Tonton video Pelaku Bom Bunuh Diri di Pospam Kartasura Terpapar Paham ISIS:

[Gambas:Video 20detik]


(fdn/fdn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed