detikNews
Selasa 04 Juni 2019, 10:35 WIB

Daftar Titik Rawan Kemacetan Saat Mudik Lebaran 2019

Nabilla Putri - detikNews
Daftar Titik Rawan Kemacetan Saat Mudik Lebaran 2019 Foto: Dok Detik.com
Jakarta - Kementerian Perhubungan telah memetakan sejumlah titik yang rawan terjadi kemacetan saat arus mudik Lebaran 2019. Sejumlah titik kemacetan itu disebut berada di ruas jalan tol hingga jalan arteri.

Menurut pantauan detikNews, Senin (3/6), adanya kemacetan di Tol Cikampek ruas Cikarang terjadi di KM 34 sampai KM 39 dari arah Bekasi ke Cikampek, Jawa Barat. Kemacetan karena adanya antrean keluar-masuk kendaraan di Rest Area KM 33 dan KM 39.

"Kepadatan dari KM 34 sampai KM 39 karena keluar masuk kendaraan rest area," ujar petugas Jasa Marga, Ema, saat dikonfirmasi detikcom, beberapa waktu yang lalu.

Sebelumnya, berdasarkan catatan detikcom pada Rabu (8/5), Direktur Jenderal Perhubungan Darat (Dirjen Hubdar) Budi Setiyadi, menyebut ada beberapa titik rawan kemacetan jalan tol yang harus diperhatikan, salah satunya di Jakarta-Cikampek. Ia juga mengidentifikasi macet di Cikarut (Cikarang Utama), lalu kemungkinn di exit tol di Lampung.


Hal tersebut karena ada kerusakan jalan dan mulai diuruk tapi belum di aspal, itu yang menyebabkan pelambatan nanti dampaknya ke jalan tol. Kemudian beberapa jalan arteri juga diprediksi mengalami kemacetan di wilayah Jawa Barat dan Jawa Tengah.

Misalnya jika hendak ke Bandung ada kemungkinan macet di Cileunyi, Nangrek sampai Garut, kemudian Bumi Ayu. Jika di Jawa Tengah sekitar Magelang ke arah Yogyakarta, lalu Bawen ke arah Boyolali.

Kemudian pada Minggu (2/6) juga terdapat 6 titik kemacetan di Ciamis yang didomisili oleh pemudik yang menggunakan sepeda motor. Bahkan di luar pulau Jawa seperti jalur dari Kabupaten Kampar, Riau menuju Bukitinggi, Sumatera Barat (Sumbar) menjadi salah salah satu jalur mudik terpadat di Pulau Sumatera.


Tak hanya kemacetan, Kemenhub juga mengantisipasi potensi adanya kecelakaan lalu lintas. Kecelakaan lalu lintas terjadi akibat pengemudi kelelahan, untuk itu siap sedia Fatigon Spirit saat mudik karena bisa membantu menjaga stamina tubuh. Multivitamin dengan kandungan nano ginseng bekerja cepat dan mampu membantu memelihara stamina dan kesegaran tubuh saat mudik.



Tonton video H-1 Lebaran, Lalin di Jalur Selatan Jawa Barat Ramai Lancar:

[Gambas:Video 20detik]


(mul/mpr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com