Merasa Kehilangan, Airlangga Kenang Ani Yudhoyono Sosok Pencinta Batik

Audrey Santoso - detikNews
Selasa, 04 Jun 2019 00:18 WIB
Airlangga Hartarto (Hilda Meilisa Rinanda/detikcom)
Airlangga Hartarto (Hilda Meilisa Rinanda/detikcom)
Bogor - Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto menyampaikan belasungkawa atas wafatnya Ibu Negara RI ke-6, Ani Yudhoyono. Di mata Airlangga, Ani adalah seorang tokoh bangsa yang sangat mencintai salah satu kekayaan budaya Indonesia, yaitu batik.

"Ibu Ani Yudhoyono ini seorang tokoh bangsa yang sangat dalam bagi kami khususnya, karena tentu peran-peran beliau. Dan secara khusus juga dalam acara-acara sesudah beliau tidak menjabat (sebagai Ibu Negara), tapi di acara Kementerian Perindustrian, beliau selalu hadir, terutama dalam pameran batik, wastra, dan saya secara pribadi juga sangat kehilangan," ujar Airlangga setelah menghadiri acara tahlilan di pendapa Puri Cikeas, Bogor, Jawa Barat, Senin (3/6/2019).



Airlangga memahami beratnya kepergian Ani bagi suaminya, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). Airlangga mengatakan dukungan dari keluarga dan masyarakat diharapkan bisa menghibur SBY.

"Harapannya tentu Pak SBY bisa segera, bisa di-support oleh keluarga dan juga di-support oleh bangsa dan rakyat Indonesia. Sehingga tentu harapannya beliau merasa ditemani oleh keluarga dan masyarakat," ucap Airlangga.



Ani Yudhoyono tutup usia pada Sabtu (1/6) karena sakit kanker darah yang dideritanya selama empat bulan terakhir. Diketahui, sejak Februari lalu, Ani menjalani perawatan intensif di National University Hospital (NUH), Singapura.

Jenazah Ani dimakamkan secara militer di TMP Kalibata, Minggu (2/6) sore. Upacara pemakaman dipimpin langsung oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) selaku inspektur upacara. (aud/idn)