detikNews
Senin 03 Juni 2019, 17:59 WIB

Menhub: One Way Hari Ini Terakhir, Besok Normal Lagi

Rolan - detikNews
Menhub: One Way Hari Ini Terakhir, Besok Normal Lagi Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi (Foto: Rolan/detikcom)
Jakarta - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengatakan penerapan one way atau sistem satu arah untuk mudik di Tol Cipali hari ini merupakan yang terakhir. Dia mengatakan lalu lintas di tol mulai besok kembali normal.

"Nampaknya one way hari ini terakhir diterapkan. Besok sudah diterapkan cara normal kembali," ujar Budi usia video conference di Posko Nasional Angkutan Lebaran Terpadu, Kementerian Perhubungan, Jalan Medan Merdeka Barat, Senin (3/6/2019).

Namun, menurut Budi, bila terjadi lonjakan kendaraan maka one way bisa dilakukan lagi. Dia menyerahkan komando sepenuhnya kepada Kakorlantas Irjen Refdi Andri.

"Tapi kita lihat apakah ada satu lonjakan, bisa saja ada yang ingin last minute (mudik), tiba-tiba naik, masih dimungkinkan Kakorlantas mengambil diskresi ditambah lagi," kata Budi.



Budi menyebut ada kecenderungan arus lalu lintas yang keluar dari Jakarta menurun. Oleh sebab itu, dia menyebut one way tak diberlakukan besok.


"Tapi kalau dilihat kecenderungannya menurun, besok secara umum nggak ada one way," imbuhnya.

One way sendiri awalnya berlaku pada pukul 09.00-21.00 WIB mulai 30 Mei sampai 2 Juni 2019. Jalur satu arah bakal diberlakukan mulai dari Km 70 Tol Jakarta-Cikampek sampai Km 263 Tol Pejagan-Pemalang.

Sementara itu, dari Km 29 sampai Km 61 Tol Jakarta-Cikampek bakal diberlakukan skenario contraflow. Jadwal pemberlakuannya pada pukul 06.00-21.00 WIB.

Namun, polisi masih memberlakukan sistem satu arah di Tol Cipali yang mengarah ke Semarang, Jawa Tengah hari ini.



"Tadi kita buka satu arah dari KM 129 tol Cipali mulai jam 06.00 WIB," kata Kasatlantas Polres Indramayu AKP Asep Nugraha, di Indramayu, yang dikutip dari Antara, Senin (3/6).

Pemberlakuan satu arah ini di mulai dari KM 70 sampai KM 414 Kalikangkung, Semarang, Jawa Tengah. Sejak tadi Subuh arus lalu lintas di jalan tol Cipali ruas Indramayu terpantau ramai lancar.
(haf/haf)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed