Rutan Sigli yang Dibakar Napi Over Capacity hingga 3 Kali Lipat

ADVERTISEMENT

Rutan Sigli yang Dibakar Napi Over Capacity hingga 3 Kali Lipat

Agus Setyadi - detikNews
Senin, 03 Jun 2019 17:51 WIB
Rutan Sigli pascakerusuhan (Agus Setiyadi/detikcom)
Banda Aceh - Rumah Tahanan (Rutan) Kelas II-B Sigli, Aceh, yang dibakar narapidana (napi) dan tahanan ternyata melebihi kapasitas. Rutan yang terletak di Benteng ini mempunyai daya tampung 150 orang.

"Kalau kapasitasnya, (rutan) overkapasitas. Kapasitas rutan 150 orang, tapi dihuni 466 orang, tentu hampir 300 persen," kata Kepala Divisi Pemasyarakatan Kemenkum HAM Aceh Meurah Budiman kepada wartawan di Rutan Sigli, Aceh, Senin (3/6/2019).

Meurah dan rombongan sudah bertemu dengan para warga binaan. Namun pemicu keributan hingga berujung pembakaran bukan karena overkapasitas.

Menurutnya, warga binaan kesal terhadap ulah seorang pegawai rutan yang mengambil dispenser milik mereka. Padahal dispenser itu diberikan lima bulan lalu oleh kepala rutan.



"Pemicu utama hal kecil, dimulai dari dispenser yang ada di kamar hunian yang dibagi lima bulan lalu oleh Kepala Rutan diambil oleh pegawai. Tanpa sepengetahuan Karutan," bebernya.

Pembagian dispenser itu sebenarnya untuk memudahkan warga binaan saat menjalankan ibadah puasa. Meurah mengaku belum mengetahui alasan penyitaan dispenser tersebut.



"Pegawai itu mengambil semua dispenser, nggak tahu kita apa alasannya. Ini menjadi pemicu kericuhan tadi," ungkap Meurah.

Situasi di rutan saat ini sudah kondusif kembali. Warga binaan sudah kembali ke sel masing-masing. (agse/rvk)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT