Pemudik dari Balikpapan Curhat ke Menhub, Senang Ada Mudik Gratis

Matius Alfons - detikNews
Senin, 03 Jun 2019 15:20 WIB
Menhub Budi Karya Sumadi (Foto: Matius Alfons/detikcom)
Surabaya - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi menyambut kedatangan 989 pemudik gratis dari Balikpapan di Surabaya. Budi ditemani oleh Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Dardak.

Pantauan detikcom di Pelabuhan Tanjung Perak, Pabean Cantian, Surabaya, Budi yang didampingi dengan Ketua Komisi V DPR RI Fary Djemy Francis dan Wantimpres Sidarto Danusubroto tiba pukul 12.20 WIB. Setibanya di pelabuhan, Budi dengan pejabat lainnya langsung menuju ke lokasi kedatangan pemudik. Hadir juga Panglima Komando Armada (Pangkoarmada) II Laksda TNI Mintoro Yulianto.


Menhub Budi Karya SumadiMenhub Budi Karya Sumadi Foto: Matius Alfons/detikcom

Sekitar pukul 13.00 WIB, KRI Makassar 590 yang membawa 989 pemudik gratis menepi. Setelah itu Budi langsung menaiki KRI tersebut untuk berbincang dan bersalaman dengan para pemudik.

"Naik apa nanti (selanjutnya), terima kasih ya, Bu, ya, selamat jalan nanti akan dicarikan ya naik apa, senang nggak, Bu?" tanya Budi kepada seorang ibu di pintu keluar KRI Makassar.

"Iya, Pak, dikasih makan 3 kali sehari, terima kasih ya, Pak. Senang saya, Pak, saya tahun kemarin nggak mudik," jawab ibu itu.


Menhub Budi Karya SumadiMenhub Budi Karya Sumadi Foto: Matius Alfons/detikcom

Penumpang lainnya kemudian meminta Menhub mengadakan mudik gratis lagi tahun depan. Budi setuju dengan permintaan itu.

"Terima kasih Pak Menteri kalau bisa tiap tahun Pak diadakan biar saya bisa pulang," ucapnya.

"Iya, iya, siap laksanakan, sabar ya," jawab Budi.



Budi menjelaskan para pemudik ini mengikuti mudik gratis dengan kapal dari hasil bantuan TNI AL. Kerja sama ini diharapkan Budi dapat menyelesaikan persoalan angkutan mudik.

"Saya senang sekali dan terima kasih kepada TNI AL yang sudah beri 3 kapal bantuan, dari Makassar ke sini, dari Jakarta ke Panjang, dan di sekitar Pontianak, saya pikir ini suatu kerja sama yang baik bantuan TNI AL pasti bermanfaat untuk masyarakat," ucap Budi.



Budi mengatakan pemerintah harus hadir menyiapkan angkutan mudik bagi masyarakat.

"Jadi memang pemerintah harus hadir, oleh karenanya kami melakukan kegiatan ini, siap diadakan (mudik gratis) lagi, sama sama dengan angkatan laut juga," sebut Budi.

Selain itu, Budi mengaku sudah menyiapkan alternatif mudik lewat laut sejak tahun lalu. Alternatif mudik lewat laut ini, menurut Budi, disiapkan sebab masyarakat banyak yang belum terfasilitasi.

"Kita sejak tahun lalu sudah inisiasi darat dan laut jadi alternatif, kita siapkan dari Jakarta ke Semarang, Jakarta Surabaya dan Kalimantan, kita siapkan secara khusus, makanya kita kerja sama dengan angkutan laut supaya setiap lebaran kapal AL bisa digunakan ini. Banyak mayoritas mereka yang nggak punya, 10 tahun nggak mudik harus difasilitasi," imbuh Budi.

Sementara itu, Pangkoarmada II Laksda TNI Mintoro Yulianto berterima kasih atas apresiasi yang disampaikan oleh Menhub. Dia mengatakan mudik gratis tahun ini merupakan suatu prestasi.

"Saya dari TNI AL kerja sama dengan TNI AL. Ini suatu prestasi kemajuan terus menerus, saya berharap kepada Pak Menteri agar bisa lebih baik lagi dan lebih baik lagi sehingga masyarakat serupa bisa lebih baik lagi," ujarnya.


(knv/jbr)