detikNews
Senin 03 Juni 2019, 11:18 WIB

Mudik Naik Pesawat, Yuk Manfaatkan Sky Train dan Kereta Bandara

Robi Setiawan - detikNews
Mudik Naik Pesawat, Yuk Manfaatkan Sky Train dan Kereta Bandara Foto: Robi Setiawan/detikcom
Jakarta - Bagi yang belum tahu, Bandara Soekarno Hatta memiliki transportasi massal antarterminal, yaitu kereta layang atau sky train. Fasilitas ini pun bisa sangat membantu mobilisasi pemudik Lebaran tahun ini.

"Kita kan di tahun-tahun sebelumnya sudah me-launching ada sky train, ada kereta bandara, dan lainnya. Nah ini siap untuk men-support angkutan Lebaran ini, khususnya untuk sarana dan prasarana untuk men-support para penumpang yang mau mudik lewat bandara," kata Vice President of Corporate Communication AP II, Yado Yarismano kepada detikcom, Jumat (31/5/2019).


Yado mengatakan animo atau respon masyarakat terhadap penggunaan sky train sampai saat ini terpantau cukup baik.

"Sky train ini lumayan tinggi utilisasinya mungkin setiap kali jalan itu orang yang naik itu jumlahnya di atas 100. Jadi bisa dibilang animo masyarakat itu lumayan tinggi," katanya.

Untuk Bandara Soekarno Hatta sampai saat ini sudah mengoperasikan 4 kereta dengan masing-masing trainset 2 gerbong. Menurutnya dengan 4 kereta ini cukup mampu membantu mobilisasi penumpang, khususnya saat Lebaran.

Mudik Naik Pesawat, Yuk Manfaatkan Sky Train dan Kereta BandaraFoto: Robi Setiawan/detikcom

"Kita ada terminal 1, 2, 3, waktu tunggu masing-masing terminal itu 10 menit itu yang diatur teman-teman. Misalkan 10 menit berangkat dari Terminal 1 ke Terminal 3, kita tunggu lagi sampai ada kereta ke Terminal 3 itu 10 menit lagi, kan kami ada 2 jalur jadi 10 menit itu bisa terpenuhi," jelasnya.

Detikcom pun sudah sempat mencoba sky train ini. Bisa dibilang sky train ini benar-benar efektif memangkas waktu tempuh antar terminal di Bandara Soekarno Hatta. Selain itu fasilitasnya pun nyaman dan gratis.


Sementara untuk transportasi masal di luar bandara ada kereta bandara yang bisa jadi pilihan pemudik. Menurutnya kereta bandara mampu memberikan kepastian waktu tempuh, yaitu jadwal setiap 30 menit dengan waktu tempuh sekitar 45 menit dari Jakarta.

"Kalau untuk di Jakarta stopnya di Stasiun Kereta Bandara, Stasiun Batu Ceper, Stasiun Duri, lalu Stasiun Dukuh Atas. Saat ini baru sampai pukul 24.00 dari pagi sekitar pukul 4. Selain Soekarno Hatta ada di Bandara Kualanamu, baru 2 bandara yang ada kereta bandaranya," ungkapnya.
(ega/ega)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed